Bermodus Pinjam Motor, Tiga Lelaki Ini Akhirnya Dibekuk Polisi

Setelah korban menyerahkan kunci motor, para pelaku ini langsung membawa kabur motor dan menjualnya.

Ilutrasi penangkapan.

Unit Reskrim Polsek Sungai Ambawang mengamankan tiga orang laki-laki diduga melakukan tindak pidana penggelapan dan pertolongan jahat.

Sebagaimana di maksud dalam pasal 372 KUHP pidana dan Pasal 480 ayat (1) jo pasal 55 KUHP pidana, Sabtu (27/6/2020). Korban BT (39), telah melaporkan TY alias PK (45), ES (37) dan RA (35).

Kejadian ini berawal pada Minggu (7/6/2020) sekitar pukul 14.30 WIB di Dusun Lintang Batang, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya telah terjadi penggelapan sepeda motor yang dilakukan oleh TY alias PK (terlapor).

Modus pelaku dengan mendatangi rumah pelapor alasan meminjam sepeda motor  pergi ke bengkel samping SPBU Desa Teluk Bakung untuk melihat kondisi sepeda motor tersangka yang diperbaiki di bengkel tersebut.

Alasan pelaku hanya meminjam sebentar untuk pergi ke bengkel, pelapor pun menyerahkan kunci sepeda motornya dan meminjam pakai kan motor miliknya tersebut.

Beberapa jam kemudian pelapor merasa curiga karena sepeda motor miliknya yang di pinjam tidak datang dan tidak dikembalikan. Kemudian, kisaran pukul 19.30 WIB, pelapor mengecek dan pergi mencari ke bengkel samping SPBU Desa Teluk Bakung tersebut, namun bengkel tersebut sudah tutup.

Pelapor melanjutkan pencarian keberadaan pelaku dan sepeda motor miliknya sampai ke Desa Pancaroba, namun tidak juga ditemukan. Dari kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp 8 juta.

Pelapor kemudian membuat pengaduan ke Polsek Sungai Ambawang guna penyelidikan lebih lanjut. Usai dilakukan serangkaian penyelidikan, Unit Reskrim Polsek Sungai Ambawang mengetahui adanya sepeda motor milik korban di jual oleh seseorang yang tidak dikenali melalui postingan facebook.

Anggota Unit Reskrim Polsek Sungai Ambawang mencoba untuk memancing dengan cara berpura-pura akan membeli dan menawar harga sepeda motor yang diposting oleh orang yang tidak dikenali tersebut.

Selesai diadakan negosiasi jual beli, anggota Unit Reskrim Polsek Sungai Ambawang mengajak orang yang memposting sepeda motor melalui facebook untuk bertemu dan mengadakan transaksi jual beli sepeda motor tersebut di Jalan Hassanudin, Kecamatan Pontianak Barat.

Kisaran pada Sabtu (27/6/2020) sekitar pukul 20.30 WIB, Unit Reskrim Polsek Sungai Ambawang pun bertemu dengan orang yang memposting sepeda motor milik pelapor tersebut. Setelah dilakukan pengecekan nomor rangka dan nomor mesin sepeda motor tersebut benar bahwa sepeda motor tersebut merupakan milik pelapor.

Anggota Unit Reskrim Polsek Sungai Ambawang berhasil mengamankan 2 orang laki-laki ES dan RA. Setelah diinterogasi secara singkat kedua laki-laki tersebut mengaku bahwa mereka di suruh oleh TY alias PK untuk menjual sepeda motor tersebut dengan harga sebesar Rp 5 juta.

Waktu dikonfirmasi Kapolsek Sungai Ambawang Iptu Teuku Rivanda Iksan membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan pada Sabtu sore Unit Reskrim berhasil mengungkap kasus penggelapan sepeda motor.

“Kita berhasil lakukan penangkapan 3 orang tersangka pencurian sepeda motor dengan modus meminjam sepeda motor,” ucapnya.

Tiga pelaku merupakan residivis kasus pencurian dengan pemberatan. Selanjutnya akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan 1 unit sepeda motor merk Yamaha /RX-K 135 warna biru dan 1 buah surat BPKB.