Bikin Resah Warga, Pelaku Curanik Ini Akhirnya Dibekuk Tim Buser

Selain berhasil mengamankan pelaku, Polisi juga berhasil menyita barang bukti berupa 2 unit TV dan Laptop.

Pelaku curanik yang diamankan Polisi.

Tim Buser (buru sergap) Polres Tomohon dipimpin Bripka Bima Pusung mengamankan tersangka spesialis curanik (pencurian barang elektronik), PM alias Priski, oknum warga Kleak, Manado, Jum’at (26/06/2020), sekitar pukul 23.45 WITA.

Bripka Bima mengatakan, tersangka telah beberapa kali beraksi di wilayah Kota Tomohon. “Berdasarkan beberapa laporan yang masuk, kami segera melakukan penyelidikan di lapangan,” ujarnya.

Tim lalu berhasil mengantongi identitas tersangka, yang juga diketahui bekerja sebagai sopir ini. “Kami mendatangi rumah tersangka dan berhasil menangkapnya,” jelas Bripka Bima.

Dalam penggerebekan malam itu, tim mendapati sejumlah barang bukti yang disimpan di dalam mobil Toyota Avanza, yang juga digunakan tersangka saat beraksi.

“Barang bukti di dalam mobil berupa 1 unit laptop merek DELL 11,5 inch warna hitam, dan 1 buah alat musik keyboard,” terang Bripka Bima.

Tersangka mengaku telah menjual sejumlah barang bukti lain kepada RM, warga Kombos Timur, Singkil, Manado.

Tim pun mendatangi rumah RM dan mendapati barang bukti berupa 2 unit TV merek Samsung 55 inch warna hitam, 1 unit TV merek Sharp 40 inch warna hitam, dan 1 unit laptop merek HP 15 inch warna silver.

Setelah itu, tim mendatangi rumah salah satu warga Wailan, Tomohon Utara. Pasalnya, tersangka mengaku pernah mencuri sebuah televisi di rumah tersebut, namun korban belum membuat laporan.

“Kemudian tersangka beserta barang bukti kami bawa ke Mapolres Tomohon untuk diperiksa lebih mendalam,” pungkas Bripka Bima.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Tomohon, Iptu Yulianus Samberi menerangkan, tersangka merupakan residivis kasus serupa.

Tersangka, lanjutnya, masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel pintu atau jendela menggunakan pahat dan obeng pelat.

“Tersangka telah diamankan di Mapolres beserta sejumlah barang bukti berupa 3 unit TV, 2 unit laptop plus charger, alat musik keyboard, 1 unit mobil Avanza serta 4 buah obeng dan 1 pahat yang digunakan saat beraksi,” tandasnya.

Keberhasilan Tim Buser ini pun mendapat apresiasi dari Kapolres Tomohon, AKBP Bambang Ashari Gatot.

Diterangkan Kapolres, seluruh jajaran terus diminta meningkatkan kegiatan kepolisian untuk mengantisipasi kasus pencurian yang meresahkan warga dan mengungkap pelakunya.

“Karena sudah ada beberapa laporan yang masuk baik di Polres maupun Polsek. Terima kasih kepada Tim Buser yang berhasil mengungkap kasus curanik ini. Tetap semangat bertugas,” kuncinya.