Polda Banten Berhasil Gagalkan Penyelundupan Ganja Seberat 1.5 Kwintal, Sembilan Orang DItangkap

Melihat banyaknya barang bukti, ini ungkapan terbesar kami tahun ini

Ilustrasi

Polisi menangkap sembilan orang tersangka penyelundupan narkotika jenis ganja dari aceh ke Jakarta kini berhasil digagalkan aparat Polda Banten. Ganja tersebut diamankan dengan berat 156 kilogram.

“Kita berhasil mengungkap ganja sebanyak 159 kilogram, atau lebih kurang 1,5 kwintal pada tiga lokasi. Sembilan tersangka kita amankan dengan berbagai peran,” kata Fiandar kepada wartawan di Mapolda Banten, Kamis (30/7/2020).

Fiandar mengatakan, sembilan pelaku yang ditangkap mempunyai perannya masing-masing. Pelaku SP ( 33) sebagai pengirim barang. RN ( 31) mengawasi proses pengemasan dan perjalanan ganja. Kemudian MN ( 43) sebagai pengepul ganja dari petani.

Berikutnya, HN ( 39) sebagai pengantar ganja dari gudang ke kantor ekspedisi. Kemudian pelaku FR ( 39) membantu proses packing ganja di Aceh. BU (39) dan AS (37 pengatur pengambilan ganja dan jalur di jakarta dan bogor. Selanjutnya, MR (39) pengawas ganja di bogor dan YN (30) pengambil barang di bogor.

“Pengungkapan ini butuh waktu panjang, mudah-mudahan ini titik awal untuk pengembangan kasus berikutnya lebih besar,” ujar Fiandar.

Direktur Reserse Narkoba Polda Banten Kombes Susatyo Purnomo Condro menambahkan, pengungkapan kali ini menjadi yang terbesar tahun 2020.

“Melihat banyaknya barang bukti yang kita amankan, ini ungkapan terbesar kami tahun ini,” kata Susatyo.