Bongkar Habis, Mahfud MD Ungkap Alasan Kenapa FPI Akhirnya Bubar

Kata Mahfud, setiap organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Indonesia haruslah memiliki surat keterangan terdaftar (SKT) berbadan hukum.

Menkopolhukam Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD akhirnya membongkar alasan kenapa pemerintah Indonesia membubarkan Front Pembela Islam (FPI). 

Dikatakan Mahfud, FPI bubar bukan karena pemerintah, melainkan karena tindakannya sendiri. Menuruf Mahfud, FPI bubar karena tidak bersedia mengikuti aturan Undang-Undang (UU) yang baru. 

"FPI RIP. Sebenarnya dia RIP-nya secara sendiri sih secara hukum, bukan kita (pemerintah) yang buat," ujar Mahfud. Hal itu disampaikan Mahfud saat menjadi bintang tamu dalam podcast yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier berjudul 'FPI Habis Sudah, Bongkar Gerak Maut Mahfud MD '.

Kata Mahfud, setiap organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Indonesia haruslah memiliki surat keterangan terdaftar (SKT) berbadan hukum. Surat tersebut, diperbarui selama lima tahun sekali.

"Jadi begini, menurut UU, ormas yang mau mempunyai keterangan dan berbadan hukum itu harus mendaftarkan ke pemerintah, setiap pendaftaran itu diberi waktu 5 tahun. SKT itu diserahkan ke Kemendagri," ucapnya.