Kontroversi Kecurangan, YouTube Akan Ubah Sistem Perhitungan View Video

Pihak YouTube akan mengubah sistem perhitungan view video setelah adanya kontroversi kecurangan jumlah view palsu dengan periklanan.

YouTube.

Pihak YouTube akan mengubah sistem perhitungan view video setelah adanya kontroversi kecurangan jumlah view palsu dengan periklanan.

“Dengan kami berupaya mempertahankan konsistensi dan kredibilitas di seluruh platform kami, kami telah membuat beberapa revisi yang diperlukan untuk metodologi kami dalam melaporkan debut rekor 24 jam,” tulis YouTube di pengumuman blog-nya.

Beberapa kali, sistem Chart Musik di YouTube mengalami kontroversi seperti di Juli, ketika Rapper India Badshah memecahkan rekor dengan view terbanyak 75 juta di tenggang waktu 24 jam, dengan mengalahkan Boyband BTS  yang memiliki 74,6 juta.

Saat ditelusuri, Bloomberg melaporkan bahwa Badshah dan timnya telah membeli iklan yang mencantumkan dan mempromosikan video tersebut, yang membuat angka view naik drastis.

“Iklan video merupakan cara yang efektif untuk menjangkau audiens tertentu dengan debut lagu, tetapi tampilan iklan berbayar di YouTube tidak akan lagi dipertimbangkan ketika melihat rekor debut 24 jam,” lanjut postingan blog tersebut.

Meskipun taktik yang sama dilakukan oleh channel TV dan acaranya, YouTube mengatakan bahwa perubahan tersebut tidak akan mempengaruhi selain chart musik populer.

Perusahaan itu kembali mengatakan perubahan hanya “difokuskan pada menyelaraskan chart dan rekaman musik YouTube dengan standar industri dan bagaimana kami melapor ke Nielsen dan perusahaan pembuat peta pihak ketiga lainnya.”, yang dilansir The Verge.