Siap-siap Liburan Setelah Pandemik! Tips dan Trik Liburan di Normal Baru

Sadarilah bahwa "normal baru" berarti Anda juga harus memiliki cara baru untuk beradaptasi. Kiat-kiat ini akan memandu Anda bagaimana menjadi traveler yang bertanggung jawab dan juga bagaimana memaksimalkan pengalaman liburan Anda.

Foto: DW

Setelah berusaha menyibukkan diri dengan mempelajari hobi baru dan mempertahankan kesejahteraan fisik dan mental kita, beberapa dari kita perlahan-lahan akan beradaptasi dengan kebiasaan "normal baru" karena beberapa negara, termasuk Indonesia, menjalani periode "transisi". 

Saat ini memang saat yang tepat bagi Anda untuk merencanakan secara matang daftar perjalanan karena beberapa tempat umum di Indonesia telah dibuka kembali setelah masa transisi Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dilaksanakan. 

Sadarilah bahwa "normal baru" berarti Anda juga harus memiliki cara baru untuk beradaptasi. Kiat-kiat ini akan memandu Anda bagaimana menjadi traveler yang bertanggung jawab dan juga bagaimana memaksimalkan pengalaman liburan Anda.


1. Perbarui Informasi Travel Dari Sumber Terpercaya

Anda bisa mendapatkan banyak informasi travel di internet, tetapi pastikan bahwa yang informasi yang Anda dapatkan akurat. Karena itu, jika Anda berencana untuk berlibur di Indonesia, cari informasi tentang kebijakan perjalanan, transportasi, tujuan, akomodasi, dan segala sesuatu yang Anda butuhkan dari sumber resmi seperti situs web pemerintah, portal berita yang kredibel, dan majalah perjalanan online yang tepercaya.


2. Lakukan Riset Secara Matang Tentang Destinasi Wisata Tujuan Anda

Lakukan riset Anda lebih dalam dengan mencari kondisi saat ini di tempat wisata tujuan Anda nantinya, seperti protokol kesehatan & keselamatan. "Normal Baru" berarti peraturan baru, etika publik baru, dan juga hal-hal baru yang perlu diperhatikan sehingga Anda dapat menyesuaikan diri dengan baik. Harap ingat untuk selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan Anda saat merencanakan liburan Anda.
 

3. Rencanakan Waktu Liburan Dengan Baik

Liburan yang baik selalu didasarkan pada perencanaan yang baik. Karena itu, setelah memastikan bahwa Anda memiliki semua informasi mengenai protokol keselamatan yang harus Anda patuhi di tempat tujuan wisata yang Anda pilih, langkah selanjutnya adalah merencanakan waktu. 

Masukkan durasi, rencana perjalanan, dan anggaran yang menjadi pertimbangan Anda. Semakin detail Anda, semakin nyaman perjalanan Anda.
 

4. Tetap Sehat dan Aman

Hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan saat merencanakan perjalanan Anda pada saat ini adalah kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan Anda. Karena itu, jangan pernah lupa untuk membawa obat-obatan dan suplemen pribadi selama liburan. 

Lebih penting lagi, rawat tubuh Anda sendiri mulai dari sekarang. Tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat, tingkatkan kebugaran Anda dengan berolahraga di rumah, dan temukan banyak kegiatan positif lainnya untuk dilakukan sambil menunggu waktu untuk bisa traveling.
 

Dunia ini saat ini sedang dalam masa penyembuhan, sehingga persiapkan diri Anda untuk menghadapi dunia yang tidak sama dengan sebelumnya, sehingga Anda perlu pintar untuk beradaptasi. 

Dalam membuat Bumi ini menjadi tempat yang lebih baik dari sebelumnya, Anda diharuskan untuk menjadi pelancong yang bertanggung jawab dan penuh perhatian agar petualangan di masa depan tetap dapat dilakukan.