Sushi Ternyata Berasal Dari Negara Ini...... (Bukan Jepang)

Sejarah sushi memiliki kisah yang panjang. Salah satunya adalah ternyata cikal bakal sushi pertama kali disebut di Cina pada abad kedua Masehi. Awalnya sushi muncul dari percobaan untuk mengawetkan makanan.

Sumber: Pixabay

Sushi telah menjadi makanan yang mendunia. Sejarah sushi memiliki kisah yang panjang. Salah satunya adalah ternyata cikal bakal sushi pertama kali disebut di Cina pada abad kedua Masehi. Awalnya sushi muncul dari percobaan untuk mengawetkan makanan.


Sumber:Pixabay

Ikan diletakkan didalam nasi dan difermentasikan. Sehingga ikan akan lebih awet, dan dapat dimakan pada saat dibutuhkan.

Metode ini menyebar ke seluruh Cina, dan pada abad ketujuh telah mencapai Jepang. Dimana makanan laut menjadi makanan pokok disana. Namun Jepang mengembangkan konsep tersebut menjadi lebih jauh.

Matsumoto Yoshiichi dari Edo (sekarang Tokyo) mulai membumbui nasi dengan cuka beras. Alih-alih menunggu berbulan-bulan, sushi bisa langsung dimakan segera.

Pada awal abad ke 19, seorang pria bernama Hanaya Yohei membuat perubahan besar dalam penyajian sushinya. Dia tidak lagi membungkus ikan dengan nasi, melainkan meletakkan sepotong ikan segar diatas sepotong nasi berbentuk bujur. Sekarang kita menyebut gaya ini sebagai sushi nigiri (sushi jari) atau edomae sushi.


Sumber:Pixabay

Pada waktu itu pula, sushi dihidangkan di warung sushi di jalan, dan dimaksudkan sebagai makanan cepat saji saat bepergian. Dengan cepat, sushi menjadi sangat populer. Gempa Besar di Kanto pada 1923 menyebabkan banyak orang merantau ke Tokyo dan semakin meramaikan pasar sushi.

Pengalaman menyantap sushi menjadi hal yang mendunia. Pengaruh barat juga memunculkan gaya baru sushi, seperti California Roll dan banyak kreasi fusi yang rumit