Mengenang Keluarga Rockefeller, Juragan Minyak Berharta Hampir Rp 5 Ribu Triliun

Dia mulai berinvestasi di industri perminyakan pada tahun 1863.

Pewaris Rockefeller

Rockefeller adalah salah satu orang terkaya di dunia pada masa hidupnya di era 1870-an. Tak tanggung, hartanya yang berasal dari perusahaan minyak tembus USD341 miliar atau Rp4.774 triliun (kurs Rp14.000 per USD).

Namun Rockefeller tidak pernah tercatat sebagai orang terkaya di dunia. Padahal kekayaan keluarga Rockefeller selama beberapa generasi belum dapat tergantikan oleh sederetan nama orang terkaya di dunia lainnya seperti Bill Gates dan Steve Jobs.

Melansir Time, Senin (29/6/2020), John D Rockefeller menjadi salah satu orang terkaya sepanjang masa dengan posisi nomor tujuh. Dia mulai berinvestasi di industri perminyakan pada tahun 1863.

Pada 1880 perusahaannya, yaitu Standard Oil, menguasai 90% dari produksi minyak Amerika Serikat (AS). Perusahaan ini juga disebut-sebut yang memicu revolusi industri di AS.

Menurut New York Times, harta Rockefeller senilai sekira USD1,5 miliar berdasarkan pendapatan federal pajak pada 1918. Diperkirakan keseluruhan hartanya hampir dua% dari output ekonomi AS.

Jika disesuaikan dengan tahun 2014, harta kekayaan Rockefeller setara dengan USD341 miliar.