Mengenal Masakan Khas Ethiopia Yang Pasti Kamu Belum Pernah Coba

Masakan tradisional Ethiopia Sebagian besar  berasal dari budaya kuno Ethiopia. Dari semur yang menyengat lidah dan roti pipih serba guna, hingga anggur madu buatan rumah yang kuat, berikut ini beberapa makanan khas negara benua Afrika ini.

Foto : culturetrip

Masakan tradisional Ethiopia Sebagian besar  berasal dari budaya kuno Ethiopia. Dari semur yang menyengat lidah dan roti pipih serba guna, hingga anggur madu buatan rumah yang kuat, berikut ini beberapa makanan khas negara benua Afrika ini : 


1. Injera


Foto : washingtonpost

Injera adalah roti pipih yang digulung yang memiliki cita rasa asam dan tajam yang terbuat dari super grain teff, yang memiliki tekstur kenyal, ideal untuk menyerap rasa. Makanan ini sering disajikan bersama semur, kari, salad segar dan sayuran tumis.

2. Shiro


Foto : culturetrip

Rebusan kacang tanah liat merah dan kacang polong, shiro dikenal sebagai 'makanan cepat saji', orang Ethiopia Kristen Ortodoks biasanya menyantap shiro pada hari Rabu dan Jumat, ketika mereka tidak makan daging dan susu.
Dibumbui dengan halus, dan sering disertai cabai, bawang putih, dan bawang cincang, shiro dapat sedikit berbeda dari satu daerah ke daerah lain tergantung pada bahan yang tersedia, tetapi warna khas dan tekstur kremnya selalu sama. Di restoran yang lebih tradisional, shiro disajikan dalam pot tanah liat kecil yang diambil langsung dari kompor, merah panas, menggelegak, dan mengundang selera. Pergilah ke Tsige Shiro, tempat spesialis shiro di daerah Bole, Addis Ababa.

3. Wot 


Foto : veggiesbycanddlelight

Wot adalah jawaban Ethiopia untuk masakan jenis kari. Favorit semua penduduk, dapat dibuat dari apa saja, tetapi doro (ayam) sejauh ini merupakan pilihan yang paling populer. Dimasak perlahan, wot adalah rebusan kental, berminyak yang terdiri dari ramuan bubuk cabai, jahe, fenugreek, kapulaga, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya yang menggelitik lidah, dan sangat kaya rasa.