TIDAK UNTUK DITIRU! Berharap Bisa nge-Fly, 10 Orang Tewas karena Minum Hand Sanitizer

Hal ini terjadi karena stok minuman keras tak tersedia selama lockdown, sementara yang mudah ditemukan adalah cairan hand sanitizer

Hand Sanitizer Jadi Cairan Alternatif bagi Pecandu Alkohol untuk Mabuk-mabukan - Foto: Ilustrasi

Dilaporkan, 10 orang tewas setelah usai meminum hand sanitizer karena tak punya persediaan minuman keras, Sabtu (1/8/2020). Insiden itu terjadi di negara bagian Andhra Pradesh di mana pemerintahnya tengah melarang penjualan minuman beralkolhol untuk menekan penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19.

Kepala polisi setempat Siddharth Kaushal mengatakan ke-10 orang itu mencampur hand sanitizer dengan air dan minuman bersoda. Mereka kemudian meminum campuran tersebut dengan harapan bisa bersenang-senang alias nge-fly.  Akibatnya, Para warga Desa Kurichedu ini pun meninggal dunia sekitar 10 hari setelah menenggak minuman campuran benda cair tersebut.

"Beberapa orang yang sangat kecanduan telah mengonsumsi cairan pembersih tangan untuk mabuk," ujat Kaushal.

Hal ini terjadi karena stok minuman keras tak tersedia selama lockdown, sementara yang mudah ditemukan adalah cairan hand sanitizer. "Kami sedang menyelidiki apakah sanitizer itu memiliki kandungan racun lain," ujar Kaushal.

Lebih jauh Kaushal menambahkan pihaknya telah mengirim sampel sairan hand sanitizer itu untuk dianalisis di labotarium. Pemerintah Federal India telah membuka kembali sebagian besar bisnis guna mencegah semakin terpuruknya ekonomi akibat krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.