Listrik Rumah Tangga Kembali Disubsidi Pemerintah, Cek di Sini

Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat.

Meteran Listrik PLN

Sebagai bagian dari usaha pemulihan ekonomi sebagai akibat pandemi COVID-19, pemerintah kembali memberikan subsidi listrik untuk masyarakat pada tahun 2021. Menurut Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril, stimulus bagi pelanggan PLN yang terdampak adanya pandemi sudah mulai bisa dinikmati pada tanggal 7 Januari 2021. 

Salah satu kategori yang diberikan subsidi pembayaran yaitu pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA.  “Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” kata Bob di Jakarta dikutip Kamis (7/1/2021).

Dijelaskan Bob, kategori daya 450 VA diberikan subsidi 100% dan diskon 50% kepada pelanggan daya 900VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

 “Kami pastikan pemberian stimulus ini tepat sasaran, khusus kategori rumah tangga sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial,” ujarnya.

Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi.

"Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut, PLN akan melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut. Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian stimulus COVID-19 sebelumnya," kata Bob.