Nakes Positif Covid-19, Kemenkes Sebut Mereka Terpapar Sebelum Menerima vaksin

Masa inkubasi dari virus Covid-19 adalah 1-14 hari, sehingga ini jelas sangat mungkin jika tenaga kesehatan terpapar corona sebelum menerima vaksin yang disediakan

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Siti Nadia Tarmidzi

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Siti Nadia Tarmidzi mengklarifikasi terkait adanya tenaga medis yang positif Covid-19.

"Ini sebagian besar (nakes) itu terinfeksi Covid-19 lebih dulu sebelum menerima vaksin tahap pertama," terang Nadia dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Kementerian Kesehatan, Senin (22/2/2021) kemarin.

Nadia menjelaskan, masa inkubasi virus corona sendiri adalah dua pekan. Dengan kondisi itu, tidak menutup kemungkinan tenaga kesehatan terpapar Covid-19 sebelum vaksinasi.

"Masa inkubasi dari virus Covid-19 adalah 1-14 hari, sehingga ini jelas sangat mungkin jika tenaga kesehatan terpapar corona sebelum menerima vaksin yang disediakan," sambungnya.

Nadia menyebut vaksin tahap pertama yang diberikan akan memicu respon dari kekebalan tubuh, Sementara itu, penyuntikan kedua vaksin untuk menguatkan respons imun yang sudah terbentuk pada penyuntikan pertama. 

"Sehingga imunitas baru yang akan terbentuk sebagai vaksinasi covid-19 itu akan terbentuk setelah 28 hari penyuntikan dosis kedua," ucapnya. 

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, pihaknya belum ada laporan terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang signifikan terhadap vaksinasi yang dilakukan pada nakes yang berusia 60 tahun ke atas.