Warga Diminta Waspada, Angka Kematian Akibat Corona Alami Kenaikan Signifikan

Ada lima provinsi yang mengalami peningkatan kematian.

Juru Bicara Satgas Covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 , Wiku Adisasmito melaporkan angka kematian akibat COVID-19 pada minggu ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni 3,7% dari minggu sebelumnya.

“Angka kematian mengalami kenaikan 3,7% dari minggu sebelumnya,” ujar Wiku secara virtual dari kanal resmi BNPB, Selasa (4/5/2021).

Terdapat lima provinsi yang mengalami kenaikan angka kematian akibat COVID-19 cukup signifikan. Tertinggi yakni di Jawa Tengah.

“Untuk kematian ada lima provinsi dengan kenaikan angka kematian tertinggi yakni di Jawa Tengah naik 35, Riau naik 24 kematian, Nusa Tenggara Barat naik 15 kematian, Kepulauan Bangka Belitung 13 kematian, dan Nusa Tenggara Timur naik 9 kematian,” papar Wiku.

Sedangkan angka kesembuhan juga mengalami penurunan yang cukup besar yaitu 17,1%. “Perkembangan COVID-19 yang kurang baik yang tercermin dalam angka kematian yang meningkat dan angka kesembuhan yang menurun harus menjadi alarm bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaannya,” katanya.

Sementara itu, Wiku juga mengatakan bahwa kasus COVID-19 juga terus mengalami kenaikan di beberapa provinsi. Dia pun mengingatkan agar hal ini dapat mengalami perbaikan di minggu berikutnya. 

“Saya ingin mengingatkan kepada provinsi yang mengalami kenaikan kasus tertinggi pada minggu ini yaitu Riau naik 718, Jawa Barat baik 621, Kepulauan Riau naik 228, Aceh naik 183, dan NTB naik 180. Untuk mengantisipasi adanya kenaikan kasus ini. Jangan sampai keadaan ini bertahan lama dan diharapkan dapat mengalami perbaikan di minggu berikutnya,” jelasnya.