Menag Tegaskan Negara akan Afirmasi dan Lindungi Seluruh Umat Beragama

Karena mustahil kita akan memperoleh persatuan bangsa, jika di internal umat beragama saja masih ada masalah. Cita-cita kita bersama kan persatuan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan negara akan selalu mengafirmasi serta melindungi seluruh umat beragama. Hal ini dikemukakan Menag saat menerima audiensi Pengurus Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta. 

"Pada prinsipnya pemerintah ingin melindungi semua agama. Jadi semua umat beragama harus diafirmasi," kata Menag Yaqut, Selasa (4/5/2021). 

Karenanya, lanjut Menag, Pemerintah selalu siap untuk menjembatani segala persoalan keagamaan yang dihadapi umat. Termasuk di dalamnya, konflik internal umat beragama. 

"Kami ingin semuanya bersatu. Jadi di mana pun, bila ada friksi-friksi dalam hubungan internal umat beragama, termasuk umat Buddha, kami ingin itu dapat kita selesaikan," ujar Menag. 

"Karena mustahil kita akan memperoleh persatuan bangsa, jika di internal umat beragama saja masih ada masalah. Cita-cita kita bersama kan persatuan," imbuhnya. 

Ketua Umum WALUBI Hartati Murdaya mengapresiasi komitmen Menag tersebut. "Kami senang Bapak menyampaikan hal tersebut. Bapak masih muda, dan berkomitmen untuk melindungi seluruh umat beragama. Ini yang kita butuhkan," tutur Hartati. 

Ia juga menyatakan, organisasi yang dipimpinnya selalu siap untuk mendukung keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "WALUBI pun siap mendukung program-program Kementerian Agama, dan kami selalu berkomitmen untuk menjaga kesatuan dan persatuan di NKRI," ujar Hartati.