Hikmah Nuzulul Qur’an dan Hari Pendidikan Nasional Bersama Komunitas Muslim Indonesia di Italia

Ayat Iqra dalam Al-Alaq tidak disebutkan obyeknya secara khusus, sehingga perintah 'membaca' tersebut tentunya memiliki dimensi yang sangat luas

KBRI Roma bekerjasama dengan organisasi NUR (Nadwah Ukhuwwah Roma) telah menyelenggarakan acara peringatan Nuzulul Qur'an bertemakan 'Hikmah Nuzulul Qur'an: Refleksi di Tengah Pandemi' secara daring pada Minggu (02/05/2021)

Sebagai bagian rangkaian kegiatan ramadhan 'Rahmah' (Ramadhan Penuh Berkah), KBRI Roma bekerjasama dengan organisasi NUR (Nadwah Ukhuwwah Roma) telah menyelenggarakan acara peringatan Nuzulul Qur'an bertemakan 'Hikmah Nuzulul Qur'an: Refleksi di Tengah Pandemi' secara daring pada Minggu (02/05/2021). Kegiatan diikuti oleh sekitar 50 (lima puluh) keluarga WNI, mahasiswa dan diaspora Indonesia di berbagai kota di Italia (Roma, Milan, Turin, Venice dan lainnya).

Dubes Indonesia untuk Italia, Esti Andyani menjelaskan kaitan peringatan Nuzulul Qur'an dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei. “Surat pertama yang turun dalam Al Qur'an yaitu Al Alaq, berbunyi 'Iqra' (bacalah), dengan menyebut nama Tuhan-mu yang menciptakan. Tentunya perintah Allah Swt tersebut sangat terkait dengan perintah  membaca, berpikir, meneliti, terkait dengan pengajaran serta pendidikan," jelasnya.

Ustad Dr. Ahmad Ikhwani menjelaskan berbagai hikmah Nuzulul Qur'an dikaitkan dengan pandemi Covid-19, misalnya pentingnya pendidikan, menjaga kesabaran, rasa syukur, tolong menolong dan bekerja sama, serta pentingnya menjalankan prioritas-prioritas kehidupan.

“Ayat Iqra dalam Al-Alaq tidak disebutkan obyeknya secara khusus, sehingga perintah 'membaca' tersebut tentunya memiliki dimensi yang sangat luas," jelasnya. “Adalah penting bagi setiap muslim untuk mengetahui “ibroh" (pelajaran) dibalik peristiwa atau kejadian dan bahkan musibah yang menimpanya. Karena orang yang bijak adalah orang yang mampu mengambil hikmah," papar Ustad Ikhwani.

Situasi penanganan Covid-19 di Italia semakin baik, dan saat ini sebagian besar wilayah Italia dikategorikan pada “zona kuning". Meski demikian, national emergency state Covid-19 di Italia diperpanjang sampai dengan akhir Juli 2021. Dalam kaitan ini, KBRI Roma merencanakan akan menyelenggarakan Sholat dan Khutbah Iedul Fitri 1 Syawal 1442 H (2021M) di Wisma Duta secara terbatas dan tetap mengikuti ketentuan (protokol) kesehatan. Kegiatan Sholat Iedul Fitri dan silaturahmi Iedul Fitri akan menutup rangkaian kegiatan “Rahmah" KBRI Roma tahun 2021 ini.