Mendagri Rencanakan Tebar CCTV di Semua Daerah

CCTV dianggap penting untuk dipasang di semua daerah lantaran bisa menjadi mata dan telinga dalam memanfaatkan teknologi.

Mendagri Tito Karnavian saat paparan.

CCTV dianggap penting untuk dipasang di semua daerah lantaran bisa menjadi mata dan telinga dalam memanfaatkan teknologi.

Anggapan penting tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Bahkan kata mantan Kapolri ini, pihaknya berencana menyusun aturan terkait pemasangan CCTV di daerah karena sangat bermanfaat.

“CCTV ini yang saya minta tolong, kepada bapak-bapak terutama di perkotaan kalau bisa dibuat. Saya nanti akan bicara juga secara internal untuk menyusun peraturannya,” ujar Tito.

Tito berkeyakinan, sistem CCTV ini akan sangat bermanfaat, bukan hanya untuk masalah security tapi juga masalah ketertiban lalu lintas, kelancaran lalu lintas, kebersihan, konflik, masalah ada ribut-ribut dan lain-lain.

Dijelaskan kembali olehnya, yang paling datang paling cepat ke lokasi yang bisa melihat bukan mata kita tapi cukup dengan cctv.

“Dalam hitungan detik kita udah bisa lihat tempat mana yang kotor, tempat mana yang jorok, apalagi kalau ribut-ribut,” lanjutnya.

Contohnya, kata Tito, CCTV penting salah satu contohnya bermanfaat seperti kasus yang berada di Bawaslu, DPR dan MPR. Dari CCTV yang berada di beberapa titik tersebut mempermudah pengambilan data bila terjadi keributan pada saat demonstrasi.

Selain itu, menurut Tito pemasangan CCTV itu sebaiknya dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak swasta.

CCTV itu juga dimungkinkan memiliki fitur pengenalan wajah yang diintegrasikan dengan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).