Selain Jadi Bank Beraset Terbesar di Indonesia, Bank Mandiri Mampu Kerek Penyaluran Kredit Hingga 1,13 Persen per April 2021

Sejak Maret 2021, Bank Mandiri dicap sebagai bank beraset terbesar di Indonesia, angkanya mencapai Rp1.564,1 triliun. Mengalahkan BRI yang selalu mendominasi.

Bank Mandiri

Namun, kiberja mengilap Bank Mandiri tak hanya berkutat soal aset saja. Penyakuran kreditnya pun, lumayan pula. Di mana, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatatkan peningkatan penyaluran kredit secara individual (bank only) sebesar Rp770,1 triliun atau tumbuh 1,13 persen dari tahun ke tahun atau year on year (yoy).

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Atturidha, mengatakan pertumbuhan kredit tersebut ditopang oleh kredit commercial dan kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). "Sampai dengan April 2021, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit secara bank only sebesar Rp770,1 Triliun atau tumbuh sebesar 1,13 persen yoy. Pertumbuhan positif ini ditopang oleh kredit commercial sebesar Rp156,5 triliun atau tukmbuh 7,35 persen yoy dan kredit UMKM yang tumbuh sebesar 9,81 persen yoy menjadi Rp93,8 triliun," ujar Rudi, dikutip dari MNC Portal Indonesia, Jumat (4/6/2021).

Menurut Rudi, dalam menjalankan bisnis di tahun ini, Bank Mandiri akan kami fokus dalam mengandalkan kekuatan jaringan kantor yang ada di wilayah Indonesia untuk mengoptimalkan sektor-sektor unggulan di masing-masing daerah. "Selain itu, kami juga melakukan perluasan jangkauan penyaluran kredit khususnya kredit UMKM melalui Mandiri Agen dan percepatan proses kredit melalui aplikasi digital Mandiri Pintar," kata Rudi.

Seperti diketahui, penyaluran kredit Bank Mandiri mencatatkan kontraksi 1,61 persen yoy secara ending balance atau akhir tahun 2020. Angka ini disebut masih lebih baik bila dibandingkan kontraksi di industri perbankan nasional yang mencapai 2,41 persen.

Namun, secara konsolidasi, pertumbuhan kredit secara average balance atau baki debet rata-rata berhasil mencatatkan perkembangan, yakni tumbuh sebesar 7,08 persen menjadi Rp 871,3 triliun secara tahunan alias year on year (yoy).