Kemenkes Pastikan Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum Dimulai Awal Juli

Tahap keempat menyasar sebanyak 77,4 juta orang yang merupakan masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin

Ilustrasi

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, program vaksinasi Covid-19 nasional tahapan tiga yang menyasar ratusan juta masyarakat rentan dan masyarakat umum sesuai pendekatan klaster siap dimulai awal Juli 2021 mendatang.

"Vaksinasi masyarakat umum Indonesia mungkin minggu keempat Juni atau yang pasti awal Juli 2021," tutur Nadia, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Tahapan pertama Kemenkes menyasar sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan. Berikutnya, tahap kedua secara paralel menyasar sebanyak 21,5 juta lansia dan 17,4 petugas pelayanan publik. Selanjutnya, tahapan ketiga 141,3 juta penduduk berusia di atas 18 tahun.

Nadia kembali memastikan Kemenkes sudah memutuskan untuk merampingkan tahapan vaksinasi yang menyasar 181.554.465 penduduk. Dari yang awalnya, empat tahapan, sekarang menjadi tiga tahapan.

Perubahan terletak pada tahapan tiga dan empat yang dilebur menjadi satu tahapan. Padahal awalnya, Kemenkes menetapkan tahapan ketiga menyasar masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi sebanyak 63,9 juta orang.

Berikutnya, tahap keempat menyasar sebanyak 77,4 juta orang yang merupakan masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

"Saat ini tidak ada tahapan 4. Digabungkan menjadi sasaran 141,3 juta penduduk," tegasnya.

Di samping itu, pada tahapan ketiga ini, Kemenkes juga optimistis mampu mulai menggenjot vaksinasi sejuta penduduk dalam sehari.