Ahok Kembali Buka Kartu Jajaran Bos Pertamina, Sebulan Bisa Nikmati Kartu Kredit Puluhan Miliar

Manajer perusahaan juga menikmatinya dengan jumlah berbeda.

Ahok, Komut Pertamina

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengakui, telah mendapatkan fasilitas kartu kredit dari Pertamina sebesar Rp30 miliar. Fasilitas itu juga diberikan oleh Perseroan kepada dewan direksi, komisaris, hingga manajer perusahaan dengan jumlah yang berbeda.

"Selama ini pemakaian kartu kredit dibayar oleh Pertamina," kata Ahok saat dilansir merdeka.com, Rabu (16/6).

Ahok mengatakan untuk limit pemakaian fasilitas kartu kredit sendiri diberikan setiap bulannya oleh Perseroan. Jika sudah digunakan dan dibayarkan maka limit akan kembali lagi.

"Tiap bulan harus dibayar," kata Ahok.

Sementara itu, saat disinggung apakah fasilitas kartu kredit juga diberikan di perusahaan pelat merah lainnya, dirinya tidak mengetahui. "Saya tidak tahu BUMN lain," tandasnya.

Seperti diberitakan, eks Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berencana menghapus fasilitas kartu kredit. Hal itu mencuat saat dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Senin (14/6) lalu.

Ahok menyebut penghapusan dilakukan untuk menghemat pengeluaran perusahaan. Sebab, limit kartu kredit yang diberikan cukup besar. "Kebijakan untuk penghematan saja. Astra Group begitu besar saja tidak ada fasilitas kartu kredit perusahaan," jelasnya.

Dia memastikan keputusan ini sudah disetujui oleh semua pihak, dari dewan direksi hingga komisaris. "Secara lisan, para dewan komisaris dan dewan direksi tidak ada yang keberatan di RUPS atau menolak usulan penghapusan kartu kredit korporasi," kata Ahok.