Ditanya Pergantian Panglima TNI, Dasco: Itu Hak Prerogatif Presiden!

Dasco meyakini Presiden Jokowi sudah punya pertimbangan tersendiri untuk memilih Panglima TNI yang sesuai dengan kebutuhan saat ini

Politisi Gerindra yang Kini Menjabat Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad - Foto: dpr.go.id

Pimpinan DPR RI enggan berspekulasi soal siapa nama yang cocok menjadi pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang akan memasuki masa pensiun pada bulan November 2021 tahun ini.

Belakangan nama yang santer akan menjadi suksesor Marsekal Hadi adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa.

Bagi Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, pemilihan Panglima TNI adalah hak mutlak yang akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Soal Panglima TNI itu hak prerogatif presiden," ujar Sufmi Dasco di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/05/2021).

Dasco meyakini Presiden Jokowi sudah punya pertimbangan tersendiri untuk memilih Panglima TNI yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

"Intinya presiden akan mempertimbangkan secara aspek untuk menentukan siapa panglima berikutnya, termasuk juga situasi kondisi pandemi ini," terangnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menegaskan, DPR RI hanya menunggu surat resmi dari Presiden Jokowi soal nama calon Panglima TNI untuk dilakukan fit and proper test.

"Kita tunggu saja karena itu sudah diatur," demikian Sufmi Dasco.