Corona Mengganas, Menteri BUMN Pastikan Stok Obat Terapi Tetap Tersedia

Pihaknya juga masih berupaya untuk memproduksi mandiri.

Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri BUMN, Erick Thohir memastikan ketersediaan obat-obatan yang digunakan dalam terapi penyembuhan pasien Covid-19 dalam kondisi yang cukup.

Saat ini, terdapat pengadaan 3 jenis obat terapi pasien Covid-19 yang dilakukan BUMN farmasi, yaitu Oseltamivir, Favipiravir dan Remdesivir.

"Untuk Indofarma sendiri, Oseltamivir stoknya masih cukup sehingga untuk obat antiviral, atau pun Favipiravir yang dulu ngetop dengan istilah Avigan, stoknya setelah dicek di Kimia Farma stoknya masih baik," ujar Erick dalam konferensi pers virtual, Senin (21/6).

Sementara untuk Remdesivir, Erick mengatakan jumlahnya terbatas. Namun pihaknya akan melakukan pengadaan lagi dalam waktu dekat.

"Kami sudah melakukan pengadaan lagi, tanggal 19, 28, dan 30 Juni nanti akan ada stok baru obat ini (Remdesivir)," ujarnya.

Selain pengadaan, pihaknya juga berupaya agar obat-obatan ini dapat diproduksi secara mandiri oleh BUMN farmasi. "Kami sedang urus prosesnya untuk bisa produksi 3 obat ini sendiri. InsyaAllah September nanti kami akan mendapatkan lisensi," ujar Erick.