Daftar 6 Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar, Denmark Meledak di Pertandingan Terakhir!

Denmark 'meledak' usai mencatat kemenangan telak 4-1 atas Rusia pada laga terakhir penyisihan Grup B Euro 2020. Kemenangan tersebut sekaligus memastikan tiket ke babak 16 Besar.

Pemain Denmark merayakan kemenangan atas Rusia. (foto: istimewa)

Denmark 'meledak' usai mencatat kemenangan telak 4-1 atas Rusia pada laga terakhir penyisihan Grup B Euro 2020. Kemenangan tersebut sekaligus memastikan tiket ke babak 16 Besar.

Empat gol kemenangan Denmark diciptakan masing-masing oleh Mikkel Damsgaard (38'), Yussuf Poulsen (59'), Andreas Christensen (79') dan Joakim Maehle (82'). Adapun satu gol balasan Rusia diciptakan oleh Artem Dzyuba melalui titik penalti pada menit ke-70'.

Sebelum laga melawan Rusia, timnas Denmark menempati dasar klasemen Grup B Euro 2020 tanpa mengoleksi poin. Kini, setelah berhasil mengalahkan Rusia 4-1, Denmark langsung meroket ke peringkat kedua klasemen akhir Grup B Euro 2020 dengan koleksi tiga poin.

Koleksi poin Denmark sebenarnya identik dengan Finlandia dan Rusia. Namun, timnas Denmark lebih berhak menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup B Euro 2020 karena unggul selisih gol dari Finlandia dan Rusia.

Timnas Denmark sedikit terbantu dengan kekalahan 0-2 yang diderita Finlandia saat bertemu timnas Belgia di Stadion St. Petersburg, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. Dua gol Belgia dipersembahakan oleh bunuh diri Lukas Hradecky (74') dan Romelu Lukaku (81').

Belgia yang diasuh Roberto Martinez dipastikan lolos ke fase gugur Euro 2020 dengan status juara Grup B. Setan Merah, julukan timnas Belgia, lolos dengan koleksi poin sempurna, yakni sembilan, setelah menyapu bersih tiga laga Grup B dengan kemenangan.

Pada babak 16 besar, Belgia akan berhadapan dengan penghuni peringkat ketiga dari Grup A atau E atau F.

Belgia akan melakoni laga 16 besar pada 27 Juni. Adapun Denmark akan melawan Wales di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, 26 Juni.

Berikut daftar negara lolos ke 16 besar:

Juara Grup

Italia
Belgia
Belanda


Runner up

Wales
Denmark
Austria