Dalam 3 Hari Terakhir Hanya 5 Kabupaten Kota di Indonesia yang Capai Target Tes COVID-19

Kementerian Kesehatan menyampaikan hanya 5 kabupaten/kota yang mencapai target atau di atas 90 persen jumlah tes COVID-19.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tirmizi. (foto: istimewa)

Kementerian Kesehatan menyampaikan hanya 5 kabupaten/kota yang mencapai target atau di atas 90 persen jumlah tes COVID-19. Padahal tes sangat penting untuk mengetahui kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Terkait capaian testing tiga hari terakhir, hanya lima kabupaten/kota yang mencapai target di atas 90%," kata Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tirmizi , Rabu (21/7/2021).

Lima kabupaten/kota yang mencapai target tes COVID-19 yaitu Kota Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sumenep. Untuk kabupaten/kota di PPKM level 4, capaian testing sudah cukup bagus namun perlu ditingkatkan, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

"Secara nasional, jumlah testing nasional meningkat namun khusus capaian terhadap target testing dan tracing di daerah PPKM level 4 adalah masih rendah, terutama 3 hari terakhir yang terus mengalami penurunan," kata dia.

Tes COVID-19 terhadap suspek dan kontak erat perlu terus ditingkatkan. Ini bertujuan untuk menemukan kasus serta menurunkan positivity rate.

Kontak erat perlu pula segera ditemukan supaya penanganan dilakukan dengan lebih cepat, mencegah penularan virus Corona lebih lanjut.

"Seluruh kabupaten/kota harus meningkatkan upaya pemeriksaan kontak erat, karena rasio pemeriksaan kontak erat dengan jumlah penduduk masih rendah yakni kurang dari 5 kontak erat per minggu. Sementara target yang kita harapkan adalah lebih dari 9 kontak erat per minggu," kata Nadia.