Lakukan Dua Kali Akad, KPI Desak Lesti Kejora dan Rizky Billar Minta Pendapat MUI

Melakukan akad nikah dua kali, Kongres Pemuda Indonesia (KPI) menyarankan kepada pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar agar minta pendapat ke lembaga keagamaan. 

Foto : @lestikejora/instagram

Melakukan akad nikah dua kali, Kongres Pemuda Indonesia (KPI) menyarankan kepada pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar agar minta pendapat ke lembaga keagamaan. 

"Makanya seyogyanya, Leslar sebagai publik figur minta pendapat ke MUI (Majelis Ulama Indonesia) atau PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama)," kata Ketua KPI Jawa Timur Edi Prasetio di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/21).

Dalam aduannya ke Polda Metro Jaya, KPI juga menyertakan salinan fatwa MUI terkait hukum dua kali melangsungkan akad nikah. Bukti lainnya adalah video tayangan pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar pada 19 Agustus 2021 di dua stasiun televisi.

Edi juga berharap, Billar dan Lesti mengakui kesalahannya ke publik

"Yang kami harapkan dengan kejadian ini, mereka berdua mau lah legowo untuk membuat pernyataan ke publik ada kesalahan mekanisme," katanya.

Sebelumnya, Rizky Billar mengaku telah menikah siri usai pernikahan mereka yang digelar pada 19 Agustus 2021.
Mila Machmudah Djamhari protes. Mila menilai mereka telah melakukan pembohongan publik dan patut diduga memalsukan status saat mendaftarkan pernikahan ke KUA.

Mila juga menilai, Lesti dan Billar telah mempermainkan syariat pernikahan karena melakukan dua kali akad. Menurutnya, yang lebih tepat dilakukan mereka adalah ajukan isbat, bukan mengulang akad nikah.

Mila kemudian menunjuk KPI untuk melakukan upaya hukum. KPI telah mendatangi Polda Metro Jaya untuk membuat aduan.

Laporan baru akan dibuat jika Billar dan Lesti tak juga menyampaikan permintaan maaf ke publik.