Tinjau Lokasi, Wapres Pastikan Huntara Erupsi Semeru Selesai Sebelum Lebaran

Warga terdampak Gunung Semeru tidak lagi khawatir jika terjadi erupsi kembali.

Wapres di Huntara Semeru

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau progres pembangunan hunian sementara (Huntara) di kawasan relokasi bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (14/1/2022). 

Wapres memastikan bahwa huntara yang dibangun akan mempunyai sejumlah fasilitas. “Hunian sementara akan dibangun ada sarana olahraganya, bahkan ada gedung pertemuannya. Ada wastafelnya,” ujarnya saat berdialog dengan masyarakat terdampak.

“Jadi Insya Allah lebih baik. Pengolahan sanitasi sudah disiapkan, dari mulai A sampai Z akan disiapkan,” imbuhnya.

Wapres juga memastikan dengan direlokasinya warga terdampak Gunung Semeru tidak lagi khawatir jika terjadi erupsi kembali. “Musibah ini akan bisa menjadi lebih baik lagi. Saben-saben lebih baik tidak deg-deg kan lagi. Tidak memikirkan kalau ada lahar lagi,” kata Wapres.

Sementara itu, Wapres mengatakan bahwa proses pembangunan huntara ini ke depan akan dilanjutkan dengan huntap (hunian tetap). “Sementara (huntara) sudah baik, nanti tetap akan lebih baik lagi. Buat apa? Ya buat dapur, nanti diperluas kamarnya.”

“Sekarang bapak ibu tenang, Insya Allah di hunian sementara kemudian bisa di hunian tetap. Insya Allah Lebaran sudah bisa menghuni.”