Keren... Salip Amerika dan China, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,44 Persen!

Dibandingkan dengan negara lain, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh lebih tinggi. Lihat saja Amerika Serikat (AS) yang hanya mampu tumbuh 1,6% (yoy) dan -0,9% (qtq). China juga memburuk dengan pertumbuhan 0,4% (yoy)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono - Foto: Dok Humas PBS

Ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,44% secara tahunan atau year on year (yoy) dan dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq), pertumbuhan ekonomi mencapai 3,72%.

"Di tengah tekanan inflasi global dan ancaman resesi, ekonomi tumbuh impresif 5,44%. Tren pertumbuhan ekonomi Indonesia terus berlanjut dan menguat," ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam konferensi pers, Jumat (05/08/2022)

Dibandingkan dengan negara lain, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh lebih tinggi. Lihat saja Amerika Serikat (AS) yang hanya mampu tumbuh 1,6% (yoy) dan -0,9% (qtq). China juga memburuk dengan pertumbuhan 0,4% (yoy).

Pendorong utama ekonomi tumbuh melesat adalah adalah konsumsi rumah tangga yang pertumbuhannya mencapai 5,51% dan distribusi 51,47%. Didukung oleh adanya Lebaran Idul Fitri.

Selanjutnya adalah pembentukan modal tetap bruto (PMTB) yang tumbuh 3,07% atau distribusi 27,31% dan ekspor tumbuh 19,74% atau distribusi 24,6%.

Peningkatan ekspor disebabkan oleh lonjakan harga komoditas internasional, baik batu bara, nikel, tembaga hingga minyak kelapa sawit.

Sementara itu konsumsi pemerintah justru kontraksi 5,24%