Ngeri, Begini Dampak Jika Kamu Jarang Mandi

Libur akhir pekan gini emang enak ‘nyantuy’ sambil berleha-leha, tapi jangan lupa mandi dulu gaes.

Biasakan mandi dua kali sehari agar tetap sehat dan segar

Libur akhir pekan gini emang enak ‘nyantuy’ sambil berleha-leha, tapi jangan lupa mandi dulu gaes. Mandi sudah menjadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan agar terbebas dari kotoran, bakteri, dan kuman yang melekat pada tubuh.

Biasanya seseorang mandi dua kali sehari, pagi dan sore hari agar badan tetap segar, sehat, dan bersih. Tapi tau kah kamu jika mandi tak hanya membersihkan badan, namun juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan.

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (5/1/2020), jarang mandi ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh. Mulai dari bau badan hingga susah tidur. Berikut ulasannya.

1. Bau badan

Bau badan muncul karena bakteri yang menempel pada tubuh kita. Hal ini diakibatkan oleh keringat yang semakin menumpuk, sehingga memunculkan aroma yang kurang sedap.

2. Memiliki risiko terserang flu

Selain karena mandi terlalu malam, ternyata bila Anda tak mandi pun tetap bisa terkena flu. Hal ini dikarenakan bakteri-bakteri yang seharusnya dibersihkan, malah berkembang biak dan bisa masuk lewat hidung, mulut dan mata. Akhirnya membuat Anda terkena flu.

3. Timbul flek hitam

Tidak mandi juga bisa membuat menimbulkan flek hitam di wajah. Jadi flek hitam tidak hanya muncul karena terkena paparan sinar matahari, tapi karena keringat yang tidak dibersihkan dan menyebabkan kondisi yang disebut dermatitis neglecta.

4. Muncul jerawat dan komedo

Bila Anda tidak mandi, wajah akan mengeluarkan minyak hasil keringat. Yang terjadi selanjutnya muncul kemerahan di wajah dan jerawat. Bakteri yang tidak dibersihkan karena tidak mandi juga bisa menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan komedo.

5. Membuat kulit jadi kering

Kebanyakan mandi memang akan bikin kulit kering. Begitupun sebaliknya. Tak mandi bisa buat Anda terinfeksi bakteri kulit dan menyebabkan eksim, kulit bersisik, dan penyakit kulit lainnya. Tentu saja Anda tidak mau kulit yang tadinya mulus jadi bermasalah.

6. Susah tidur (insomnia)

Jika kamu suka sulit tidur atau insomnia, ternyata bisa disebabkan karena jarang mandi. Keringat, kotoran, dan bakteri yang tidak dibersihkan akan memicu munculnya gatal-gatal pada tubuh. Akibatnya, Anda akan sulit untuk tidur pada malam hari.