ADMM Retreat Kamboja, Menhan Prabowo: Rakyat di Kawasan Bergantung pada Kita

Kerja sama di bidang pertahanan dapat berdampak baik bagi ekonomi suatu negara, bahkan kawasan. Dengan bekerja, negara di ASEAN juga dapat menjadi jembatan komunikasi antara negara-negara besar yang berkompetisi saat ini

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat berbicara pada forum menteri pertahanan se-negara ASEAN atau Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat di Siem Reap, Kamboja, Selasa (22/11). Foto dok Kemenhan RI

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat berbicara pada forum menteri pertahanan se-negara ASEAN atau Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat di Siem Reap, Kamboja, Selasa (22/11) menegaskan pentingnya kebijaksanaan para pemimpin sektor pertahanan di kawasan agar senantiasa menjaga perdamaian untuk masa depan rakyat.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pandangan dalam pertemuan yang mengangkat tema “Solidarity for Harmonised Security” tersebut.

“Masa depan rakyat kita bergantung pada kita. Oleh karena itu kita harus bekerja sama dengan baik untuk perdamaian dunia,” ujarnya.

Menhan Prabowo melanjutkan bahwa upaya menjaga kerukunan antar negara adalah dengan bekerja sama, khususnya di bidang pertahanan.

Menurut Menhan Prabowo, kerja sama di bidang pertahanan dapat berdampak baik bagi ekonomi suatu negara, bahkan kawasan. Dengan bekerja sama dengan baik, negara di ASEAN juga dapat menjadi jembatan komunikasi antara negara-negara besar yang berkompetisi saat ini.

“Mereka mungkin terlibat dalam kompetisi dan rivalitas, namun ASEAN harus menjaga hubungan terbaik dengan semua kekuatan besar,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Menhan Prabowo, perkembangan geopolitik serta persaingan kekuatan besar saat ini telah berdampak pada perdamaian dan kemakmuran.

“Ini juga sekarang berdampak pada ketahanan pangan dan energi kita dan dapat mengganggu rantai pasokan global.”