BGR Logistics Salurkan Dana dan Siapkan Platform Digital UMKM

Meningkatkan kembali perekonomian yang bergerak dari sektor UMKM pada masa transisi pandemi COVID-19

Ilustrasi

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik, terus menunjukkan komitmen dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo, mengungkapkan komitmen tersebut terlihat dari saluran dana kemitraan melalui unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang disalurkan kepada UMKM mitra binaan. Pada tahun 2019, BGR Logistics telah menyalurkan hingga Rp 1,60 miliar untuk mitra binaan UMKM. Sementara itu, hingga triwulan I tahun 2020, BGR Logistics telah menyalurkan sebesar Rp 215 juta.

Para UMKM yang mendapatkan dana tersebut bergerak di berbagai macam industri, mulai dari perdagangan, busana, perikanan, percetakan, toko sembako, aksesoris, makanan, hingga kerajinan. UMKM yang mendapatkan dana penyaluran tersebut tersebar di tiga empat provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur.

Selain dengan menyalurkan dana kemitraan, BGR Logistics, juga tengah menyiapkan aplikasi untuk membantu UMKM yang akan menjual produk pangan ke masyarakat. Aplikasi tersebut diharapkan akan semakin memudahkan UMKM untuk mendapatkan stok bahan pangan yang akan dijual ke masyarakat. Dalam pembuatan aplikasi ini BGR Logistics berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta ekosistem lainnya, seperti BUMN klaster Pangan, perbankan, hingga penyedia jasa dompet digital, serta pihak swasta lainnya.

Lebih lanjut, Kuncoro mengungkapkan bahwa hal ini adalah bentuk kepedulian BGR Logistics untuk membangun rantai pasok yang melibatkan UMKM berbasiskan digital. Saluran dana kemitraan dan aplikasi yang disiapkan BGR Logistics ini juga merupakan cara yang dilakukan BGR Logistics untuk meningkatkan kembali perekonomian yang bergerak dari sektor UMKM pada masa transisi pandemi COVID-19 ini.

“Kami berharap, agar usaha yang kami lakukan dapat memberikan manfaat bagi UMKM untuk terus menggerakkan ekonomi Indonesia” tutup Kuncoro.