Corona Merajalela di Bandung, 212 Petugas Medis RSHS Terpapar COVID-19

Sebanyak 16 orang dirawat intensif sementara sisanya isolasi mandiri

Ilustrasi

Hingga Minggu, 20 Juni 2021, total sebanyak 212 petugas di RSHS Bandung terpapar Covid-19. 

Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Bandung dr. Yana Akhmad Supriatna menyebutkan, dari 212 yang terpapar itu, sebanyak 171 merupakan petugas medis.

"Sebanyak 16 orang dirawat intensif sementara sisanya isolasi mandiri," ujarnya Senin (21/6/2021).

Ia mengatakan, kondisi ini tidak sampai mengganggu pelayanan medis di RSHS. Namun demikian, banyaknya petugas yang terpapar Covid-19 telah membuat gangguan psikis kepada petugas medis yang saat ini masih bertugas. Untuk mengatasinya, pihak RSHS telah melakukan berbagai upaya agar pelayanan tetap dilakukan secara maksimal.

"Kami membatasi kunjungan, pembatasan penunggu pasien dan juga screening di UGD sebelum pasien dirawat. Sambil memaksimalkan petugas yang ada," jelasnya, Sambil berharap ada petugas kesehatan tambahan yang dapat diperbantukan di RSHS.

Di sisi lain, RSHS juga telah menambah ruang perawatan Covid-19  hingga mencapai 231 tempat tidur. Hingga Senin (21/6/2021), tingkat keterisian tempat tidur atau BOR telah mencapai 89 persen.

"Kami terus mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan agar kasus tidak melonjak. Mengingat kondisi rumah sakit saat ini sudah seperti ini," tutupnya.