Brimob Polda NTT Bagikan Air Bersih Siap Konsumsi untuk Warga Kupang Tengah Selama Musim Kemarau

Aksi ini dilakukan menyusul kesulitan warga mendapatkan air bersih akibat puncak musim kemarau.

Brimob NTT salurkan air bersih kepada warga Kupang Tengah. (foto: istimewa)

Satuan Brimob Polda Nusa Tenggara Timut (NTT) membagikan air siap konsumsi untuk warga di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Aksi ini dilakukan menyusul kesulitan warga mendapatkan air bersih akibat puncak musim kemarau.

Wakil Komandan Batalion A Brimob Polda NTT, AKP Rudi Silvester, mengatakan pembagaian air bersih gratis akan terus dilakukan selama musim kemarau.

"Ini akan terus dilakukan selama musim kemarau dan siap melayani warga kapan pun, untuk membantu kesulitan air bersih ini," katanya.

Pembagian air bersih siap konsumsi ini berlangsung di RT 10 dan RW 9, Desa Penfui Timur. Warga  beramai-ramai membawa wadahnya masing-masing, untuk menampung bantuan air bersih gratis.

Warga di daerah ini sudah bertahun-tahun mengalami krisis air bersih dan hanya mengandalkan membeli tangki air.

Dalam memasuki musim kemarau yang berdampak pada kekeringan ekstrim, menyebakan sejumlah wilayah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mengalami krisis air bersih.

"Air bersih yang dibagikann ini telah steril dan siap dikonsumsi oleh warga terdampak krisis air bersih di wilayah Kabupaten Kupang," katanya. 

Air yang dibagikan ini telah melalui proses penyulingan dengan mengerahkan dua unit mobil tangki brimob yaitu mobil water treatment dan mobil watergen dengan kapasitas ribuan liter.