Benarkah Zinedine Zidane Lebih Jenius dari Jose Mourinho dan Pep Guardiola?

Tapi Belmadi tetap menilai Zinedine Zidane lebih unggul karena pernah membawa Los Blancos juara Liga Champions tiga musim berturut-turut. Hal itu sulit disamai oleh pelatih sekelas Guardiola dan Mourinho

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane - Foto: Courtesy talkSPORT.com

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane disebut lebih jenius dari Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Hal itu dikatakan Pelatih Timnas Aljazair, Djamel Belmadi.

Zidane baru saja membawa Real Madrid juara La Liga musim 2019/2020. Sebagai pelatih, itu jadi gelar ke-11 yang diraih olehnya. Soal jumlah, Zidane masih kalah jauh dari Guardiola yang mengumpulkan 29 piala. Sedangkan Mourinho memiliki koleksi 25 trofi.

Tapi Belmadi tetap menilai Zinedine Zidane lebih unggul karena pernah membawa Los Blancos juara Liga Champions tiga musim berturut-turut. Hal itu sulit disamai oleh pelatih sekelas Guardiola dan Mourinho.

“Saya mengagumi banyak pelatih. Guardiola, Jurgen Klopp, Zidane. Tapi jangan lupa, Zinedine Zidane adalah pelatih yang hebat,” kata Belmadi dikutip dari L’Equipe, Jumat (31/07/2020).

“Jika Mourinho atau Guardiola telah memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut, kami akan memanggil mereka jenius. Zidane layak disebut jenius, bahkan jika dia tidak merevolusi permainan,” ujarnya.

Pelatih yang membawa Aljazair juara Piala Afrika itu menilai Zinedine Zidane tak punya filosofi kuat. Tapi dia memiliki DNA juara yang patut diacungi jempol.

“Ada beberapa pelatih yang punya filosofi tapi tidak pernah memenangkan apa pun. Pertanyaannya apakah kita menilai pelatih dengan kemenangan atau dengan filosofi? Para penggemar tentunya berharap tim bisa menang,” tegasnya.