Pesepak Bola Wanita Kanada Umumkan Dirinya Jadi Seorang Transgender

ia mengaku dirinya bertransformasi menjadi transgender.

Rebecca Catherine Quinn. (Foto: istimewa)

Pesepak bola wanita asal Kanada, Rebecca Catherine Quinn membuat pengumuman mengejutkan, ia mengaku dirinya bertransformasi menjadi transgender.

Perubahan status jenis kelamin itu diumumkan Quinn lewat akun media sosial Instagram miliknya pada Selasa lalu.

"Saya telah hidup sebagai seorang transgender dan terbuka dengan orang-orang yang paling saya cintai selama bertahun-tahun. Saya selalu bertanya-tanya kapan saya bisa tampil di depan umum," papar Quinn di akun @thequinny5.

"Saya tidak ingin menjadi orang yang terlihat aneh di depan publik. Saya tahu itu (tidak memberitahu dirinya transgender) menyelamatkan nyawa saya selama bertahun-tahun," ucapnya.

Dia berharap pengakuannya bisa diterima penggemarnya. Atlet berusia 25 tahun itu juga mengajak kaum cisgender untuk menerima perbedaan.

Sekadar informasi, cisgender adalah manusia yang hidup mengikuti jenis kelamin sejak lahir alias normal.

"Saya ingin menantang orang-orang cis (jika Anda tidak tahu apa artinya cis, itu mungkin Anda !!!) untuk lebih menghargai satu sama lain. Itu adalah sebuah proses. Saya tahu itu tidak akan mudah. Tetapi jika saya dapat mendorong Anda untuk memulainya, maka itu adalah sesuatu."

Quinn merupakan seorang gelandang Klub Amerika Serikat OL Reign yang sedang dipinjamkan ke Klub Swedia Vittsjo GIK.

Dia mewakili Timnas Wanita Kanada saat meraih medali perunggu di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Dia juga memperkuat negaranya di Piala Dunia Wanita 2019.

Quinn bukan satu-satunya olahragawan yang transgender jadi laki-laki. Sebelum dia, pada 2015, atlet triatlon Chris Mosier juga melakukan hal serupa. Sementara petarung Mix Martial Art (MMA) profesional, Fallon Fox melakukan pada 2012.