Makin Konsisten, Suzuki Jadi Favorit Juara MotoGP 2020

Menurut Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, Suzuki menjadi favorit untuk menjuarai MotoGP 2020. Karena menurutnya, Suzuki memiliki catatan yang bagus di empat seri balapan yang tersisa musim ini.

Foto : Motorplus

Menurut Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, Suzuki menjadi favorit untuk menjuarai MotoGP 2020. Karena menurutnya, Suzuki memiliki catatan yang bagus di empat seri balapan yang tersisa musim ini.

Balapan MotoGP 2020 hanya menyisakan empat seri lagi. Seri ke-11 yang bertajuk MotoGP Teruel 2020 akan digelar di Sirkuit Aragon, Spanyol, pada akhir pekan ini.

Suzuki berhasil membuktikan diri mampu mendapatkan hasil yang bagus, terbukti di MotoGP Aragon 2020 yang digelar akhir pekan lalu, dua rider Suzuki, yakni Alex Rins dan Joan Mir, berhasil naik podium.

Rins keluar sebagai pemenang setelah memulai balapan hanya dari urutan ke-10. Sementara itu, Mir finis di urutan ketiga. Hasil manis ini membawa Mir sekaligus naik peringkat ke urutan pertama di klasemen sementara MotoGP 2020.

Selain Aragon, Suzuki juga dinilai cocok dengan Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Rins pernah berhasil naik podium. Hal itu erjadi pada 2018, di mana Rins finis di urutan kedua.

Mir juga punya catatan yang manis kala tampil di sirkuit tersebut. Meski bukan di kelas MotoGP, ia tercatat pernah naik podium dua kali di GP Valencia pada kelas Moto3 pada 2016 dan 2017.

Seri balapan di Sirkuit Ricardo Tormo sendiri diketahui tak hanya digelar sekali, ada dua balapan yang akan berlangsung di sana pada musim ini, yakni bertajuk GP Eropa dan Valencia.

Sedangkan balapan seri terakhir akan digelar di Sirkuit Portimao, Portugal. Pernat tidak bisa memprediksi detail soal balapan, lantaran ini menjadi seri baru di gelaran MotoGP 2020.

Melihat keadaan ini, Pernat yakin Suzuki punya peluang yang sangat besar untuk menjuarai MotoGP 2020. 

“Suzuki akan lebih diuntungkan di Valencia. Jika Rins tidak membuat terlalu banyak masalah, dia akan memimpin klasemen, dia ada di atas sana dengan Mir,” ujar Pernat, dilansir dari GP One, Selasa (20/10/2020).