Bartomeu Akhirnya Resmi Mengundurkan Diri sebagai Presiden Barcelona

Bartomeu memutuskan lengser sebagai orang nomor satu klub Katalan setelah bertemu dengan jajaran direksi klub. Selain Bartomeu, semua direksi yang berada di bawah komandonya juga melakukan hal sama.

Foto : CBS Sport

Josep Maria Bartomeu akhirnya resmi mengundurkan diri sebagai Presiden Barcelona, Rabu (28/10/2020) dini hari WIB.

Bartomeu memutuskan lengser sebagai orang nomor satu klub Katalan setelah bertemu dengan jajaran direksi klub. Selain Bartomeu, semua direksi yang berada di bawah komandonya juga melakukan hal sama.

 “Saya di sini hari ini untuk memberi tahu Anda tentang pengunduran diri saya dan Dewan Direksi lainnya,” ujarnya, dilansir dari situs resmi klub.  

“Ini adalah keputusan yang dipertimbangkan dengan baik, tenang, konsensual, dan kolektif oleh rekan-rekan direktur saya yang telah menemani saya selama beberapa tahun terakhir dengan cara setia dan berkomitmen dengan proyek dan klub, dan yang telah melakukan begitu banyak pengorbanan dengan selalu memikirkan Barca,” tambahnya lagi.

Dengan mundurnya Bortomeu, berakhir sudah polemik kelanjutan kiprah Bartomeu sebagai Presiden Barcelona. Sebagaimana diketahui, posisi pria 57 tahun itu di Barcelona diguncang sejak kekalahan memalukan yang dialami klubnya dari Bayern Munchen pada babak perempat final Liga Champions musim 2019/2020. Saat itu, Barcelona menyerah 2-8 dari Bayern.

Sejak saat itu, segala kritikan menerpa Bartomeu, mulai dari keinginan Lionel Messi hengkang hingga keputusan melepas Luis Suarez ke Atletico Madrid yang disebut-sebut dipengaruhi intrik politik.

Anggota klub menyerukan mosi tidak percaya kepada Bartomeu. Bahkan anggota klub berhasil mengumpulkan 20.687 suara menentang sang presiden yang dinilai gagal. 

Hasilnya, pemungutan suara ditetapkan untuk dilanjutkan dalam beberapa minggu mendatang. Akan tetapi itu kini tidak lagi diperlukan, lantaran Bartomeu memilih mundur dari jabatannya. Kursi kepresidenan Blaugrana kosong. Seharusnya, klub tersebut baru akan melakukan pemilihan presiden klub pada Maret 2021.