Kenapa Barcelona Harus Datangkan Luuk de Jong? Ronald Koeman: Dia Lebih Berbahaya Ketimbang Neymar!

Menurut Koeman, Luuk de Jong lebih berbahaya ketimbang Neymar.

Luuk de Jong. (foto: istimewa)

Ronald Koeman jelaskan alasan kenapa ia ngotot memboyong striker Luuk de Jong ke Camp Nou. Menurut Koeman, Luuk de Jong lebih berbahaya ketimbang Neymar.

"Apabila ada bola silang masuk, Luuk akan lebih berbahaya ketimbang Neymar," kata
Koeman kepada stasion NOS Belanda.

Selain itu, Luuk de Jong punya kualitas yang tidak dimiliki pemain-pemain Barca lain.

"Luuk adalah tipe penyerang berbeda dari yang selama ini kami punya. Saya pikir semua tim harus punya tipe striker seperti dia," kata Koeman.

Terlebih lagi, ia juga menjelaskan, walau De Jong datang pada hari terakhir bursa transfer, pembicaraan untuk mendatangkan sang bomber telah bergulir sejak jauh hari sebelumnya. "Saya sudah mengutarakan hal ini kepada klub musim lalu," ungkap Koeman.

"Pada beberapa fase laga, saya ingin untuk dapat mengganti lini depan saya. Jika laga membutuhkan pemain seperti Luuk, ia akan bermain," jelas Koeman.

Koeman menambahkan bahwa keputusan mendatangkan Luuk de Jong bukan transfer tergesa-gesa setelah Antoine Griezmann secara sensasional kembali ke Atletico Madrid.


"Kami hanya memiliki tiga penyerang setelah kehilangan Griezmann pada hari terakhir bursa transfer," lanjut sang pelatih.

"Kontak pertama saya dengan Luuk terjadi pada 8 Agustus dan sebelum itu saya kerap bertanya kenapa Barcelona tidak punya tipe striker seperti dia?" ucap Koeman.

Kendati Luuk de Jong hanya mencetak 4 gol dari 34 laga bersama Sevilla musim lalu, ia membukukan 28 gol dari 34 laga bersama PSV pada 2018-2019. Namun dirinya yakin dapat berguna bagi Barca.

"Pesan dari Koeman jelas: Ia ingin tipe striker yang berbeda dan di situlah saya pikir akan bisa menyetel bersama tim. Saya telah membuktikan kualitas diri pada level tertinggi," tutur De Jong saat diperkenalkan kepada media.