Lionel Messi Atlet dengan Bayaran Tertinggi Versi Forbes

Bintang Argentina itu memperoleh 130 juta dolar AS, angka yang mencakup 55 juta dolar AS dari sponsor selama 12 bulan yang berakhir pada 1 Mei 2022 untuk duduk di puncak daftar 10 atlet dengan bayaran tertinggi

Bintang Paris Saint Germain (PSG), Lionel Messi - Foto: Getty Images/Lionel Hahn

Bintang Paris Saint Germain (PSG), Lionel Messi menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia selama setahun terakhir versi Forbes yang dirilis pada Rabu (11/05/2022). 

Lionel Messi disebut mengungguli pemain NBA LeBron James dan pemain Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo.

Bintang Argentina itu memperoleh 130 juta dolar AS, angka yang mencakup 55 juta dolar AS dari sponsor selama 12 bulan yang berakhir pada 1 Mei 2022 untuk duduk di puncak daftar 10 atlet dengan bayaran tertinggi. 

Setahun sebelumnya, Messi finis kedua di bawah petarung MMA Irlandia Conor McGregor.

Pemain depan Los Angeles Lakers James berada di urutan berfikutnya setalah membawa pulang gabungan 121 juta dolar AS memecahkan rekor 96,5 juta dolar AS untuk pemain NBA yang ia cetak tahun lalu. Sementara kapten Portugal Cristiano Ronaldo memperolah 115 juta dolar AS untuk di tempat ketiga.

Pemain Brasil, Neymar (95 juta dolar AS) dan juara NBA tiga kali Stephen Curry (92,8 juta) dari Golden State Warriors melengkapi lima besar. Pemain NBA Kevin Durant (92 juta) berada di urutan keenam sementara petenis hebat Roger Federer yang bermain di lima turnamen pada tahun 2021 sebelum operasi lutut, membatasi musimnya berada di urutan ketujuh dengan total pendapatan 90,7 juta dolar AS.

Tiga tempat terakhir dalam daftar jatuh ke tangan petinju Meksiko Canelo Alvarez (90 juta), juara Super Bowl tujuh kali Tom Brady (83,9 juta) dan MVP Final NBA Giannis Antetokounmpo (80,9 juta).

Forbes mengatakan angka pendapatan di lapangan termasuk semua hadiah uang, gaji dan bonus yang diperoleh selama periode 12 bulan, sementara pendapatan di luar lapangan adalah perkiraan kesepakatan sponsor, biaya penampilan dan pendapatan lisensi.

Daftar ini sedikit berbeda dengan penghitungan Sportico yang menempatkan James di posisi pertama dan Messi kedua serta Ronaldo ketiga. Juga ada sejumlah nama berbeda yang masuk 10 besar versi Sportico.