Libas Filipina Empat Gol Tanpa Balas, Skuad Garuda Muda Buka Peluang ke Semifinal!

Garuda Muda pun semakin dekat ke semifinal SEA Games 2021 dan tinggal menghadapi Myanmar

Bantai Filipina 4-0, Garuda Muda buka peluang ke Semifinal. (foto: istimewa)

Timnas U23 Indonesia melibas timnas Filipina U23 dengan skor telak 4-0 dalam laga Grup A cabang sepak bola SEA Games 2021.

Bermain di Stadion Di Viet Tri, Phu To, Jumat (13/05) sore, skuad Garuda Muda unggul berkat gol-gol yang dicetak oleh Muhammad Ridwan pada menit ke-18, Rizky Ridho menit ke-44.

Dua gol anak asuh Shin Tae-yong di babak kedua dicetak oleh Egy Maulana Vikry pada menit ke-75 dan ditutup oleh gol dari titik penalti yang dicetak Marcelino Ferdinan di menit ke-85.

Dalam laga melawan Filipina, pelatih Shin Tae Yong membuat dua perubahan dari laga melawan Timor Leste, dengan memainkan bek Asnawi Mangkualam dan striker Muhammad Ridwan sejak menit awal.

Namun Filipina ternyata sempat tampil menekan di awal laga. Namun, lini belakang Garuda Muda tampil disiplin.

Ancaman perdana dihadirkan Indonesia pada menit ke-5. Witan Sulaeman menusuk dari sisi kiri ke kotak penalti. Sayangnya, laju lari Witan terlalu deras hingga bola bisa diamankan kiper Filipina Quincy Kammeraad.

Filipina merespon di menit ke-7. Scott Woods melepas sepakan mendatar dari jarak jauh. Usahanya belum membuahkan hasil karena Ernando Ari masih bisa mengamankan bola.

Pada menit ke-14, Indonesia sempat mengetarkan jala Filipina. Egy Maulana bisa menjangkau bola panjang sebelum menaklukan Kammeraad. Namun, Egy lebih dulu offside.

Semenit berselang, peluang emas dimiliki Indonesia. Witan tak terkawal di sisi kiri pertahanan Filipina menerima sodoran bola dari Alfeandra Dewangga.

Sepakan mendatar Witan mengarah ke gawang. Meski demikian, Kammeraad dengan baik bisa mengadang arah bola.

Pada menit ke-18, sebuah umpan panjang Rizky Ridho melepaskan Egy dari jebakan offside. Di depan gawang, Egy memberikan bola yang bisa disambar Muhammad Ridwan untuk membobol gawang Filipina. Indonesia unggul 1-0.

Filipina punya peluang di menit ke-29. Jaime Rosquillo bisa menanduk bola sepak pojok. Untung bagi Indonesia, sundulannya masih melebar.

Witan punya kesempatan menggandakan keunggulan di menit ke-32. Ia bisa melewati Kammeraad usai mendapat umpan terobosan dari Ridwan. Namun, tembakannya terlalu lemah hingga bisa dibendung bek Filipina.

Dennis Chung punya kesempatan lewat sepakan akrobatik memanfaatkan halaun Asnawi Mangkualam yang tak sempurna. Tembakan Chung terlalu lemah hingga mudah ditangkap Ernando.

Jual beli serangan terjadi. Di menit ke-36, Ridwan punya peluang di kotak penalti menerima umpan tarik dari Dewangga. Namun, tembakannya masih melebar jauh dari gawang Filipina.

Giliran Egy yang kembali punya peluang di menit ke-40. Sepakan Egy bisa diblok sebelum tepat dipelukan Kammeraad.

Skuad Garuda Muda menambah keunggulan pada menit ke-44. Umpan sepak pojok Syahrian Abimanyu dari sisi kanan bisa ditanduk Rizky.

Skor berubah 2-0 untuk Indonesia di menit ke-44. Hasil ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih menguasai jalannya pertandingan. Egy Maulana Vikry Cs terus tampil menekan Filipina.

Berkali-kali peluang yang dimiliki timnas Garuda Muda, namun gol penambah keunggulan tak kunjung tiba.

Namun pada menit ke-75, Egy Maulana Vikry sukses memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 3-0 setelah memaksimalkan umpan terobosan Irfan Jauhari.

Timnas semakin menjauh melalui eksekusi penalti Marselino Ferdinan di menit ke-85, gagal diantisipasi kiper Quincy Kameraad.

Penalti itu diberikan wasit Mahmood Al Majarafi setelah Ronaldo Kwateh dijatuhkan Fnrique Fernandez di kotak terlarang.

Hasil ini membuat Indonesia mengemas dua kemenangan dari tiga laga dan untuk sementara menjadikan Garuda Muda pemuncak klasemen Grup A SEA Games 2021 di atas Vietnam, yang baru bermain dua kali.

Garuda Muda pun semakin dekat ke semifinal SEA Games 2021 dan tinggal menghadapi Myanmar pada laga pamungkas Grup A, Minggu (15/05).

Di sisi lain, Filipina harus tersingkir dari SEA Games 2021 karena sudah memainkan seluruh laga fase grup atau telah tampil empat kali.

Filipina bertengger di peringkat keempat Grup A karena hanya meraup empat poin dari sekali kemenangan, sekali hasil imbang, dan dua kekalahan.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 2

Filename: mbsnews/detil_berita.php

Line Number: 96

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 3

Filename: mbsnews/detil_berita.php

Line Number: 99

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 4

Filename: mbsnews/detil_berita.php

Line Number: 103