Siapa yang Tampil Bapuk, Haaland yang Banyak Buang Peluang atau Nunez yang Berhasil Cetak Gol?

Nama Darwin Nunez dan Erling Braut Haaland menjadi sorotan pada laga Liverpool kontra Machester City di ajang Community Shield 2022

Darwin Nunez dan Erling Haaland. (foto: istimewa)

Nama Darwin Nunez dan Erling Braut Haaland menjadi sorotan pada laga Liverpool kontra Machester City di ajang Community Shield 2022 yang berlangsung di Stadion King Power, Leicester, Minggu (31/07) dini hari WIB.

The Reds mengalahkan The Citizen 3-1 berkat gol Trent Alexander-Arnold, Mohamed Salah, dan Darwin Nunez. Sedangkan Man City hanya mampu membalas lewat gol Julian Alvarez.

Pelatih Pep Guatdiola memainkan Eeling Haaland sejak awal laga. Striker asal Norwegia itu disorot lantaran gagal memanfaatkan banyak peluang yang seharusnya bisa menjadi gol.

Pada babak pertama tendangan kaki kiri Haaland usai berduel dengan Andrew Robertson ditangkap Adrian.

Selanjutnya, umpan silang Bernardo Silva dari sisi kiri juga tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh eks striker Borussia Dortmund itu.

Satu hal yang paling membuat Haaland disorot adalah kegagalannya mencetak gol saat kiper Adrian tidak dalam posisi yang pas pada menit ke-97.

Meski penampilan Haaland bapuk, namun Guardiola tetap memuji penampilan anak asuhnya itu. Guardiola yakin pemain berusia 22 tahun itu akan segera membuka keran golnya di bagi The Citizen.

"Dia punya peluang, dua atau tiga di babak pertama dan satu di akhir laga. Dia selalu berada di posisi itu. Dia terus bertarung dan melakukan banyak pergerakan," katanya.

"Ini kesempatan bagus bagi dia untuk memahami kenyataan dirinya berada di negara baru, liga baru. Hari ini dia tidak mencetak gol, di lain hari dia akan melakuknnya," ucap Guardiola.

Di kubu lawan, Darwin Nunez mencetak gol untuk mengunci kemenangan bagi Liverpool pada menit 90+4 tambahan waktu.

Masuk pada menit ke-59 menggantikan Roberto Firmino, striker asal Uruguay itu menanduk bola umpan Andrew Robertson untuk menaklukkan penjaga gawang Ederson Moraes.

Menanggapi performa Nunez, pelatih Juergen Klopp meyakini sang pemain akan semakin membaik pada laga-laga Liverpool berikutnya.

"Sungguh bagus, betul-betul bagus. Cukup jelas dia akan semakin baik lagi seiring berjalannya waktu," kata Klopp di laman resmi Liverpool.

Tak hanya Haaland, Nunez juga sempat menyia-nyiakan beberapa peluang matang di laga tersebut. Soal itu, Klopp meminta fans sabar, mantan pemain Benfica itu belum mencapai level kebugaran 100 persen.

"Ketika (Nunez) masuk, dia memperoleh beberapa umpan dan setelah operan ketiga gagal menjaga bola dan semua orang kerap menghakiminya," katanya.

"Dia harus menghadapi reaksi semacam itu dan Nunez menghadapinya secara brilian. Kami sabar dan tahu dia bisa melakukan hal-hal bagus. Yang jelas saya senang atas dampak yang diberikannya hari ini, saya menyukainya," ucap Klopp.

"Tapi gol itu jelas membuat keadaan lebih baik, saya turut senang untuknya. Kalian bisa lihat wajahnya, juga bagaimana rekan-rekannya turut berbahagia untuknya, dan itu adalah pertanda baik mengingat dia baru bersama kami untuk waktu yang cukup singkat," pungkas Klopp.