Baru Semusim Bergabung ke Maung Bandung Marc Klok Langsung Jadi Kapten, Ini Alasannya

Padahal, dia baru semusim bergabung dengan Persib.

Marc Klok. (foto: istimewa)

Persib Bandung memiliki kapten baru di kompetisi Liga 1 2022. Adalah Marc Klok yang dipilih untuk memimpin klub berjuluk Maung Bandung saat bertanding di lapangan.

Marc Klok sendiri sudah menjadi kapten saat Persib bermain imbang 1-1 melawan Bhayangkara FC di laga pembuka Liga 1 pekan lalu. Padahal, dia baru semusim bergabung dengan Persib.

Marc Klok bergabung dengan Persib di awal musim 2021 lalu. Ia didatangkan setelah memutus kontrak dengan rival Persib, Persija Jakarta.

Lantas apa alasan Klok didapuk jadi kapten Maung Bandung.? Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, bukan tanpa alasan menunjuk Klok jadi kapten.

Klok adalah penggawa tim nasional Indonesia. Ia juga merupakan wakil kapten timnas di Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Itu karena Marc bermain untuk tim nasional, dia orang Indonesia, dia berbicara bahasa (Indonesia), dia juga merupakan salah satu kapten timnas," ucap Robert.

Persib sebenarnya masih punya empat kapten lainnya yakni Victor Igbonefo, I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, dan Dedi Kusnandar. Namun, musim ini mereka belum mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama.

Robert juga mengungkapkan bagaimana keinginannya mempertahankan Supardi musim lalu. Namun, sang kapten memilih hengkang.

"Kami sebenarnya punya empat kapten, satu pemain dari musim lalu hengkang (Supardi). Tapi, kami masih punya Made, Dedi, Jupe dan Victor," tutur Robert. 

"Tapi kita semua tahu ada beberapa dari mereka mengalami cedera dan sebagian lainnya tidak menjadi starter. Sedangkan Marc bermain sejak menit pertama jadi dia menjadi kapten," kata pelatih 67 tahun itu.

Bagi Robert, Klok sudah melakukan usaha yang fantastis saat menjadi kapten sekaligus jenderal lapangan tengah Persib. Ia, seperti dikutip kompas, juga sosok panutan di luar lapangan bagi pemain muda Persib.

"Dia (Klok) sudah melakukan tugas dengan fantastis, baik di dalam maupun luar lapangan. Dia juga memberikan arahan bagi pemain lainnya, itu sangat penting," kata Robert.

Robi Darwis pemain 18 tahun yang jadi tandem bagi Klok diharapkan akan banyak belajar dari seniornya itu ketika bermain bersama. Robert merasa Klok adalah pemain yang paing tepat saat ini menjadi kapten. 

"Dia (Klok) juga menjadi pasangan yang tepat untuk Robi dan Robi bisa belajar banyak dari Marc," ucap Robert.