Mengejutkan, Pemain Muda Potensial Barca Pilih Merumput di MLS Bersama LA Galaxy!

Cukup mengejutkan lantaran Puig yang masih berusia 22 tahun memilih merumput di MLS, liga yang biasanya dipilih para pemain menjelang pensiun.

Riqui Puig. (foto: istimewa)

Kabar mengejutkan datang dari pemain muda Barcelona, Riqui Puig sepakat bergabung dengan klub Major League Soccer (MLS) LA Galaxy pada bursa transfer musim ini.

Cukup mengejutkan lantaran Puig yang masih berusia 22 tahun memilih merumput di MLS, liga yang biasanya dipilih para pemain menjelang pensiun.

Adapun alasan Puig bergabung ke MLS lantaran Puig tidak masuk rencana Xavi untuk musim 2022-2023.

Kontrak gelandang Spanyol berusia 22 tahun tersebut bersama Barcelona masih tersisa satu tahun lagi, tetapi dianggap surplus oleh Xavi. LA Galaxy berhasil mengamankan jasanya sebelum bursa transfer MLS ditutup pada 4 Agustus.

"LA Galaxy mendatangkan gelandang asal Spanyol Riqui Puig dari FC Barcelona," tulis klub Amerika Serikat tersebut di akun resmi Twitter-nya pada Jumat.

"Kami senang menyambut Riqui ke LA Galaxy,” kata pelatih kepala Greg Vanney di situs resmi klub.

"Riqui adalah pemain yang memiliki teknik yang sangat bagus dan terdidik dengan pengalaman luar biasa untuk usianya. Dia akan sangat cocok dengan skuat dan gaya permainan kami."

LA Galaxy mendatangkan Puig tanpa biaya alias bebas transfer, tetapi klub Katalunya tersebut memiliki klausul untuk memboyongnya kembali ke Spotify Camp Nou dan akan menerima 50 persen dari hasil penjualannya di masa mendatang.

Gelandang bertubuh mungil tersebut telah meneken kontrak berdurasi tiga tahun dengan Galaxy hingga 2025, itu menandakan berakhirnya sembilan tahun karier sang pemain di Barcelona.

Puig menghabiskan lima tahun menimba ilmu di La Masia sebelum menembus skuat utama pada 2018, tetapi hanya bermain 56 kali di semua kompetisi saat karena kesulitan mendapatkan tempat di starting XI.

Selain Puig, Barcelona telah melepaskan Philippe Coutinho, Oscar Mingueza, Dani Alves dan Rey Manaj dengan permanen. Sementara itu Francisco Trincao dan Clement Lenglet dipinjamkan ke klub lain

Barcelona kemungkinan akan menjual beberapa pemainnya lagi demi memangkas pengeluaran gaji mereka sekaligus upaya mereka untuk mendaftarkan para pemain baru seperti Robert Lewandowski dan Jules Kounde yang tiba dari Sevilla.