Ini Alasan Kenapa Pamor Partai Demokrat Kembali Meningkat di Tangan AHY

Demokrat juga bergerak merebut dukungan publik lewat sejumlah program selama pandemi.

Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Pamor Partai Demokrat kembali meningkat setelah dalam lima tahun terakhir mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari kenaikan elektabilitas Demokrat versi lembaga riset Voxpopuli. Terbukti, Demokrat naik dari 3,4 persen (Juni 2020) dan 3,3 persen (Oktober 2020) menjadi 5,1 persen.

Menurut Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan naiknya elektabilitas Demokrat disebabkan dua faktor yakni internal dan eksternal.

Dari internal, naiknya elektabilitas Demokrat dianggap tak lepas dari kepiawaian dan efektivitas Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam mengelola partai.

"Sejak awal menerima mandat sebagai Ketum, AHY terus melakukan gebrakan melalui instruksi dan program yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Kader dan Struktur Partai Demokrat di semua tingkatan," kata Kamhar, Rabu (6/1/2021).

Menurut Kamhar, Demokrat juga bergerak merebut dukungan publik lewat sejumlah program selama pandemi. Plus sikap penolakan terhadap berbagai isu kontroversial seperti Omnibus Law, RUU Haluan Ideologi Pancasila atau Revisi UU KPK.

"Mulai dari Gerakan Perang Melawan COVID-19, Demokrat Peduli dan Berbagi, Gerakan Demokrat Bina UMKM dan Free Wifi termasuk penyikapan beberapa UU sensitif yang menyita perhatian publik seperti Omnibus Law Ciptaker, RUU Haluan Ideologi Pancasila, dan Revisi UU KPK yang kesemuanya ini menegaskan keberpihakan Partai Demokrat pada kepentingan rakyat," ujar Kamhar.

Efektivitas kepemimpinan AHY, juga tergambar dari hasil Pilkada 2020. Demokrat menang 48 persen dari total daerah pilkada.

"Kepiawaian kepemimpinan dan manajemen AHY ini juga semakin teruji pada capaian Pilkada serentak 2020 yang lalu, di mana perolehan Demokrat sebesar 48% kemenangan dan 62% dari itu adalah Kader PD. Kemenangan ini melampaui target yang ditetapkan dan melebihi capaian Pilkada serupa lima tahun yang lalu," jelas dia.