Pilpres 2024 Diyakini Masih Milik PDIP, Golkar dan Gerindra Butuh Momentum

PDIP juga memiliki kekuatan yang tidak ada di parpol lain, yakni semi-pengultusan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) dinilai berhasil menempatkan sejumlah kader dalam radar Pilpres 2024. Antara lain seperti Ganjar Pranowo , Puan Maharani , dan Tri Rismaharini  . Di sisi lain, partai lainnya tampak tetap hanya mengandalkan ketua umumnya. 

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, kegagalan partai mengusung kader karena partai tersebut lebih dominan memberikan kesempatan kapada ketua umum mereka dan cenderung mengakomodir kekuatan oligarki dan dinasti politik.

Sehingga fenomena Jokowi, Ganjar, Puan, atau Risma di PDIP misalnya, tidak serta-merta hasil kaderisasi, tetapi faktor momentum yang tidak selalu muncul. 

"Hanya saja, PDIP berhasil mengakumulasi loyalis yang hingga kini masih terbesar, besarnya porsi loyalis berpengaruh pada popularitas kadernya," ujarnya, Rabu (13/1/2021).

Dedi mengatakan, PDIP juga memiliki kekuatan yang tidak ada di parpol lain, yakni semi-pengultusan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri. Hal ini menurutnya juga berlaku di Partai Gerindra, dengan power yang dimiliki Prabowo Subianto.

Sementara dari sisi kaderisasi, sebenarnya Golkar bisa saja yang terbaik. Hal ini bisa dilihat dari rerata politisi Golkar yang seirama, dengan popularitas dan ritme kerja yang berimbang sesama kader.

Kondisi ini juga dialami oleh parpol lain sehingga muncul pendapat yang menyatakan partai gagal dalam melakukan kaderisasi tokoh potensial di 2024. "Dengan kondisi ini, PDIP sedang dalam masa momentum terbaik," tandas Dedi.