Prediksi Amien Rais Tepat: Jokowi Pasti Tunjuk Listyo Prabowo Jadi Kapolri

Mensesneg Pratikno berharap proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bisa dilakukan lebih cepat dari jadwal.

Mensesneg Menyerahkan Surat Presiden Kepada Ketua DPR

Prediksi politik mantan Ketua MPR Amien Rais beberapa waktu lalu, ternyata terbuktu tepat. Yakni terkait penunjukan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis. 

Kepastian pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri terungkap setelah Mensesneg Pratikno menyerahkan surat presiden ke DPR RI, Rabu (13/1/2021) ini.

"Surpres telah kami terima, presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," kata Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan surat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Akhir tahun lalu, Amien Rais memprediksi Listyo Sigit Prabowo bakal menjadi orang yang dipilih Jokowi menjadi Kapolri.

"Saudara-saudaraku, saya akan bikin video, cepat sekali. Jadi, kita tahu akan ada Kapolri baru, dan banyak spekulasi nama-nama beredar, ada tujuh, sekarang tinggal tiga, dan lain-lain. Tapi kalau saya tidak mendahului takdir, saya yakin yang akan dipilih Pak Jokowi yaitu Kabareskrim sekarang ini yaitu Pak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo," ujar Amien dalam video berjudul 'Siapa Kapolri Baru?' yang diunggah melalui Channel YouTube Amien Rais Official, Rabu 30 Desember 2020.

Sementara itu, Mensesneg Pratikno berharap proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bisa dilakukan lebih cepat dari jadwal.

"Kami berharap bisa lebih cepat dari itu (target 20 hari selesai fit and proper test calon kapolri)," kata Pratikno dalam jumpa pers di Media Center DPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Praktikno berujar, hal itu dikarenakan agar Indonesia bisa memperoleh Kapolri yang definitif lebih cepat. Mengingat, masa jabatan Kapolri Jenderal Idham Azis akan habis pada tanggal 1 Februari 2021.

"Tentu saja hasilnya, prosesnya di DPR. Kami sangat mengharapkan menyetujui apa yang diusulkan bapak Presiden," ujarnya.

Adapun Ketua DPR Puan Maharani dalam kesempatan yang sama menyampaikan proses fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR akan ditempuh selama 20 hari ke depan, terhitung sejak tanggal surat presiden diterima oleh DPR yaitu hari ini, Rabu (13/1/2021).

"DPR akan menjalankan proses tersebut sesuai ketentuan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku," kata Puan.