Isu Reshuffle Kembali Santer, Tiga Nama ini Paling Berpotensi Masuk Kabinet

Isu itu muncul karena Olly dinilai memiliki kedekatan dengan Jokowi. Bahkan, dia juga memiliki hubungan dekat dengan Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey Dikabarkan Akan Masuk Kabinet Indonesia Maju - Foto: Antara/Wahyu Putra A

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin kembali santer berembus. Jokowi disebut akan melakukan perombakan kabinet pada Desember 2021 mendatang. 

Lalu, siapa saja nama yang muncul untuk menjadi menteri baru? Berikut daftarnya.

1. Hadi Tjahjanto 
Mantan Panglima TNI yang baru saja memasuki masa pensiunnya, Marsekal Hadi Tjahjanto diisukan masuk ke dalam jajaran kabinet baru Presiden Joko Widodo. Nama Hadi sebenarnya sudah lama disebut-sebut masuk ke dalam kabinet anyar Presiden. 

Menurut Pengamat Komunikasi Politik Hendri Satrio, sebagaimana dilansir Sindonews, Hadi diprediksi akan mengisi sejumlah posisi di Kementerian.

2. Zulkifli Hasan 
Selain Hadi, nama politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan juga ikut terseret dalam kabar reshuffle kabinet mendatang. Layaknya Hadi, Zulkifli juga disebut akan menempati posisi di kementerian, menggantikan menteri dari kalangan profesional. 

Mantan Ketua MPR periode 2014 – 2019 ini diprediksi akan mengisi posisi di salah satu kementerian, antara Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, atau Kementerian ESDM.

3. Olly Dondokambey 
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey juga dikabarkan akan masuk ke dalam jajaran menteri baru dalam reshuffle kabinet mendatang. 

Isu itu muncul karena Olly dinilai memiliki kedekatan dengan Jokowi. Bahkan, dia juga memiliki hubungan dekat dengan Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun demikian, pihak DPP PDIP belum menerima kabar tersebut dan tidak mendapatkan informasi apa pun hingga saat ini.