Ahok dan Risma Minggir Dulu, DPD Bilang Kepala Otorita IKN Sebaiknya dari Putra Asli Daerah Kalimantan

Di sisi lain, Mahyudin memastikan menghargai keputusan Presiden Jokowi soal Kepala Otorita IKN. Walaupun, dia menaruh harapan kepada putra daerah asal Kalimantan yang bisa mengnahkodai IKN

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Mahyudin - Foto: DPD RI

Banyak tokoh asli putra daerah Kalimantan yang bisa dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Kepala Badan Otorita Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

Begitu dikatakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Mahyudin merespon rumor nama-nama calon Kepala Badan Otorita IKN yang tidak satupun menyertakan nama putra daerah Kalimantan.

“Banyak nama-nama yang mumpuni dan pintar untuk menjadi Kepala Otorita IKN. Justru rumornya yang keluar calon nama-nama Kepala Otorita IKN itu-itu saja, bukan berasal dari Kalimantan,” ujar Mahyudin saat silaturahmi Kaukus Kalimantan Parlemen di Bilangan Kuningan, Jakarta, Senin (24/01/2022).

Di sisi lain, Mahyudin memastikan menghargai keputusan Presiden Jokowi soal Kepala Otorita IKN. Walaupun, dia menaruh harapan kepada putra daerah asal Kalimantan yang bisa mengnahkodai IKN.

“Siapa yang ditunjuk presiden kami taat, tapi kalau bisa putra daerah yang bisa menyumbangkan pemikirannya. Karena dia memahami betul daerah Kalimantan seperti apa,” harapnya.

Senator asal Kalimantan Timur itu menambahkan bahwa pihaknya juga memberikan apresiasi setingginya kepada pemerintah karena telah menunjuk Kalimantan sebagai IKN. Artinya, pemerintah memberikan perhatian besar yang bisa membawa harapan bagi masyarakat Kalimantan.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah karena telah menunjuk Kalimantan sebagai IKN. Sehingga Kalimantan mempunyai kesempatan yang sama seperti daerah di Pulau Jawa,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah nama muncul sebagai calon Kepala IKN Nusantara. Salah satu nama yang digadang-gadang jadi kandidat kuat menjadi Kepala Otorita IKN adalah Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

Lalu, nama lainnya yang juga berpeluang menjadi Kepala Otorita IKN, diantaranya Tumiyana, Bambang Brodjonegara, dan Azwar Anas. Nama-nama calon kepala ibu kota baru tersebut terkuak pada rapat Pansus RUU IKN di DPR beberapa waktu lalu.

Nantinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih Kepala Otorita ibu kota baru. Sesuai Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN), Presiden memiliki waktu 2 bulan untuk memilih kepala badan otorita ibu kota baru.

Nama Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini pun ikut mencuat sebagai pesaing Ahok untuk menjadi Kepala Otorita IKN. 

Terkait hal itu, Risma mengatakan, banyak kepala daerah atau mantan kepala daerah yang berlatar arsitek.

"Banyak, banyak kepala daerah yang (berlatar) arsitek. Bukan hanya aku aja. Jadi, gak bisa ngomong aku," jawab Risma usai menanam Mangrove di di Pantai Telaga Waja, Badung, Minggu (23/1/2022).