Kriteria Bacapres PKS: Berintegritas dan Berjiwa Nasionalis Religius

Syaikhu menyebutkan kriteria capres berikutnya ialah mendapatkan dukungan rakyat yang tinggi dan memiliki pengalaman serta kemampuan untuk memimpin dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu di Rapimnas PKS - Foto: Tribunnews/Rizki Sandi Saputra

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan, ada enam kriteria bakal calon presiden (bacapres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu seusai Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Jakarta Pusat pada Selasa (21/6). 

"Pertama, memiliki integritas dan rekam jejak yang baik. Kedua, berjiwa nasional dan religius," kata Ahmad Syaikhu kepada wartawan.

Syaikhu menyebutkan kriteria capres berikutnya ialah mendapatkan dukungan rakyat yang tinggi dan memiliki pengalaman serta kemampuan untuk memimpin dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. 

"Berkomitmen untuk menyatukan seluruh komponen anak bangsa dan terakhir berkomitmen melayani rakyat," ujarnya. 

Dia juga menjelaskan berdasarkan kriteria tersebut, nama bakal Capres 2024 yang akan diusung diserahkan kepada Majelis Syura PKS.

"DPP PKS mengusulkan nama-nama bakal capres dan cawapres kepada majelis syura karena memang ranahnya," pungkas Ahmad Syaikhu. 

Sementara Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohammad Sohibul Iman mengatakan, pemilih internal PKS cenderung memilih Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden. 

"Hasil survei, banyak pemilih PKS cenderung kepada Anies Baswedan," kata Mohammad Sohibul Iman di Jakarta, Selasa (21/06/2022). 

Namun begitu, Sohibul Iman menyebut, selain Anies, ada juga nama Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) RI,  Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, hingga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Apa yang disampaikan Sohibul Iman merujuk survei internal PKS. Namun dia menekankan, hasil survei tersebut belum dapat dipastikan sebagai bakal calon yang diusung. 

Menurutnya, dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), juga akan disiapkan sesi. Kata dia, nanti  panitia Rapimnas meminta para Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) se-Indonesia menyampaikan pendapat terkait usulan capres yang kondusif dan memberikan efek terhadap PKS.

"Kemungkinan mereka menyebutkan tiga nama," ujar eks Wakil Ketua DPR itu.

Sohibul Iman menambahkan, para DPW itu juga diberi kesempatan menyampaikan suara terkait saran partai-partai mana yang kondusif untuk dijadikan koalisi PKS.

Kemudian, dia mengatakan PKS sudah memutuskan dalam musyawarah Majelis Syuro, menggaungkan Salim Segaf Aljufri menjadi tokoh nasional.

"Apakah tokoh nasional PKS menjadi capres atau cawapres atau king maker?" katanya. 

Terkait capres, Sohibul mengatakan tokoh yang diusung PKS tidak harus merupakan kader partai. Dia bilang PKS ingin beri pendidikan politik kepada masyarakat bahwa menjadi capres tak harus jadi kader parpol.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, Rapimnas sebagai momentum penyatuan persiapan pemenangan Pemilu 2024. Menurut dia, sisa waktu yang kurang dari dua tahun mesti diotimalkan demi meraih kemenangan di 2024. 

"Rapimnas ini adalah bagian dari upaya penyatuan langkah dan strategi pemenangan Pileg dan Pilpres 2024. Kami harus memanfaatkan sisa waktu 601 hari ini dengan baik. Oleh karena itu, perlu kesatuan langkah dalam pemenangan," kata Aboe saat Rapimnas PKS di Hotel Grand Sahid Jakarta.