Pecundangi Golkar versi Survei Litbang Kompas, Ini Kata Demokrat

Demokrat dalam program partainya dengan tegas mengusung agenda perubahan dan perbaikan. Intinya menempatkan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama programnya, people centred development programme.

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Elektabilitas Partai Demokrat menunjukkan tren kenaikan dalam hasil survei Litbang Kompas terbaru Juni 2022. Partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu berada di urutan ketiga, menggeser Partai Golkar.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K Harman menyatakan, naiknya elektabilitas Demokrat menunjukkan rakyat saat ini menaruh harapan tinggi kepada Demokrat. Tujuannya, untuk melakukan perubahan dan perbaikan terhadap situasi dan kondisi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara ke depannya.

Benny mengatakan, tema politik yang diusung Demokrat yakni perubahan dan perbaikan. Nampaknya, kata dia, sejalan dengan aspirasi dan harapan rakyat.

Kata Benny, Demokrat dalam program partainya dengan tegas mengusung agenda perubahan dan perbaikan. Intinya menempatkan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama programnya, people centred development programme.

"Selain itu program-program prorakyat yang pernah dijalankan Demokrat saat kader utama Demokrat Presiden SBY memimpin 10 tahun Indonesia, secara konsisten diyakini tetap menjadi program unggulan yang secara nyata langsung memberi solusi terhadap beban ekonomi yang menghimpit kehidupan rakyat," jelas Benny dikutip merdeka.com, Selasa (21/6).

Benny menambahkan, hasil survei yang mengangkat Demokrat ke kelompok partai papan atas, bagi Demokrat adalah bentuk apresiasi rakyat terhadap kinerja Demokrat. Namun juga merupakan peringatan agar Demokrat jangan sekali-kali meninggalkan rakyat, pemilik utama kedaulatan.

"Apa yang menjadi keprihatinan, keresahan dan harapan rakyat harus terpateri juga sebagai keprihatinan, derita dan harapan segenap elit dan Demokrat," kata dia lagi.

Sebagai Parpol yang lahir dari rahim rakyat, jelas Benny, Demokrat akan terus menerus menyapa, peduli dan bekerja untuk rakyat. Serta bersama rakyat terus memperjuangkan harapan rakyat tersebut tanpa mengenal lelah.

Survei Litbang Kompas terbaru Juni 2022 masih menempatkan PDIP sebagai parpol tertinggi dengan elektabilitas 22,8 persen. Kedua, ada Partai Gerindra dengan elektabilitas 12,5 persen.

Gerindra ditempel ketat Demokrat dengan perolehan 11,6 persen. Berikutnya, Partai Golkar dengan 10,3 persen.