Wow... Hasil Survei Median Sebut, Prabowo-Cak Imin Ungguli Ganjar-Andika dan Anies-AHY!

Survei Median membuat empat skenario pasangan capres cawapres di Pilpres 2024. Jumlah itu diambil berdasarkan potensi empat poros dalam dinamika politik yang berkembang beberapa waktu terakhir

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar - Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Hasil survei Media Survei Nasional (Median) menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin unggul dalam empat skenario pemasangan capres-cawapares 2024.

Duet Prabowo-Cak Imin mengungguli sejumlah nama potensial seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, hingga Andika Perkasa.

"Berdasarkan survei eletabilitas yang dilakukan, pasangan Prabowo-Cak Imin mampu mengungguli seluruh pasangan dalam empat skenario pasangan capres-cawapres yang kemungkinan muncul pada Pilpres 2024," kata peneliti Median, Ade Irfan Abdurrahman dalam paparannya, Senin (01/08/2022).

Survei Median membuat empat skenario pasangan capres cawapres di Pilpres 2024. Jumlah itu diambil berdasarkan potensi empat poros dalam dinamika politik yang berkembang beberapa waktu terakhir.

Keempat poros masing-masing, pertama PDIP; Kedua, Partai Golkar, PAN, PPP; Ketiga Partai NasDem, PKS, dan Demokrat. Keempat Gerindra dan PKB.

"Kenapa kita memilih empat? Karena berdasarkan analisis kemungkinan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkembang di media massa," ujar Ade.

Dari masing-masing poros tersebut kemudian menjagokan beberapa nama potensial. Poros pertama, PDIP, ada nama Puan Maharani yang diduetkan dengan beberapa nama seperti Andika Perkasa, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, hingga Sandiaga Uno.

Lalu, poros kedua ada nama Ganjar yang diduetkan dengan sejumlah nama lewat koalisi KIB. Poros ketiga, lewat rencana koalisi Nasdem yang menjagokan Anies diduetkan dengan AHY. Lalu, poros keempat dengan koalisi Gerindra yang menjagokan Prabowo dengan Cak Imin.

Hasilnya, duet Prabowo-Cak Imin unggul dengan perolehan 24,1 persen, disusul Ganjar-Erick dengan 19,5 persen, Anies-AHY memperoleh elektabilitas 18 persen, disusul Puan-Andika yang memperoleh 13,4 persen.

Dalam skenario kedua, Prabowo-Muhaimin juga unggul dengan perolehan 24,5 persen dari pasangan Puan-Ridwan Kamil 14,0 persen; dan pasangan Ganjar-Andika meraih 20 persen.

"Dari hasil skenario itu, elektabilitas Prabowo dan Cak Imin jauh unggul dibandingkan dengan figur lain," kata Ade.

Survei Median melibatkan 1.500 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilaksanakan pada 21-27 Juli 2022 dengan metode penelitian non probability sampling, dan kuesioner berbasis Google Form yang disebarkan melalui media sosial Facebook dengan target pengguna aktif berusia 17-60 tahun.

Sementara itu, hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) justru menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dipasangkan dengan Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil (RK) unggul dalam skenario pasangan capres-cawapres potensial Pilpres 2024.

Skenario pasangan Ganjar-Sandi maupun Ganjar-RK menempati posisi teratas di antara sejumlah skenario pasangan capres-cawapres lain. Ganjar-Sandi unggul dari skenario pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maupun Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Ganjar-Sandi unggul dengan elektabilitas mencapai 44,8 persen. Sedangkan pasangan Anies-AHY di bawahnya dengan 32,4 persen serta Prabowo-Cak Imin dengan 13,8 persen.

"Pasangan Ganjar-Sandi berada di nomor satu dalam simulasi paslon ini. Anies dan AHY di bawahnya mendapat 32,4 persen serta Prabowo dan Cak Imin dengan 13,8 persen," kata Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo dalam keterangannya, Senin (25/07/2022).