Nancy Pelosi Sebut, Kunjungannya ke Taipei Dipakai China sebagai Alasan untuk Serang Taiwan!

Lebih lanjut, Pelosi menggarisbawahi bahwa China tidak bisa mencegah AS untuk melakukan kunjungan tingkat tinggi ke Taiwan

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi - Foto: Andrew Harnik/AP, FILE

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi buka suara perihal kunjungannya ke Taiwan yang memicu ketegangan di kawasan karena penolakan keras dari China.

Berbicara selama tur Asia-nya di Jepang pada Jumat (05/08/2022), Nancy Pelosi menegaskan, kunjungannya ke Taipei pada Selasa kemarin (02/08/2022) tidak akan mengubah status quo Taiwan. 

Nanct Pelosi juga menekankan, Washington tidak akan membiarkan China mengisolasi Pulau Formosa.

Dalam kesempatan tersebut, Pelosi juga mengomentari serangan rudal yang dilakukan oleh China ke perairan dekat Taiwan dengan menggunakan kunjungannya sebagai alasan.

"China melancarkan serangan mereka, mungkin menggunakan kunjungan kami sebagai alasan. Mereka mencoba mengisolasi Taiwan," kata Pelosi.

Lebih lanjut, Pelosi menggarisbawahi bahwa China tidak bisa mencegah AS untuk melakukan kunjungan tingkat tinggi ke Taiwan.

"Mereka (China) mungkin mencoba mencegah Taiwan mengunjungi atau berpartisipasi di tempat lain, tetapi mereka tidak akan mengisolasi Taiwan dengan mencegah kami bepergian ke sana," tambahnya.

Setelah kunjungan Pelosi, China mengumumkan latihan militer besar-besaran di Selat Taiwan pada Kamis (04/08/2022) hingga Minggu (07/08/2022).

Taiwan menyebut China telah mengepung pulau tersebut dari enam sisi, dan memblokir akses laut dan udara. Sementara itu, beberapa rudal balistik juga diluncurkan, meningkatkan ketegangan.